panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
24 Agustus 2013 | 23:13 wib
Jumlah Penggilingan Padi Tak Terkendali

PURBALINGGA, suaramerdeka.com - Pertumbuhan penggilingan padi (ricemill) di Kabupaten Purbalingga melonjak. Usaha penggilingan padi dinilai sebagai usaha yang menjanjikan secara ekonomi.

Dari catatan Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Dintanbunhut) Purbalingga tercatat ada 501 penggilingan padi. Padahal idealnya kabupaten Purbalingga hanya membutuhkan 350 tempat penggilingan padi. Jumlah ini dihitung dari kemampuan penggilingan padi rata-rata mampu melayani 50 – 60 ha sawah. Sementara luasan lahan persawahan di kabupaten Purbalingga 21.209 ha.

Salah satu pengusaha penggilingan padi di Desa Sumingkir Kecamatan Kutasari Purbalingga, Hartono (42) mengungkapkan, semestinya pemerintah dalam hal ini KPMPT tidak asal memberikan ijin kepada pemilik modal untuk mendirikan penggilingan padi. Semestinya pemerintah membatasi jumlah penggilingan padi berdasarkan jarak maupun luasan sawah.

Kepala bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dintanbunhut Purbalingga Ir Sukram mengakui, saat ini pihaknya tidak dapat membatasi pertumbuhan usaha penggilingan padi. Saat ini sudah tidak ada lagi peraturan yang membatasi pendirian penggilingan padi.

Sehingga semua pemodal bebas mendirikan usaha penggilingan padi. Persaingan di tingkat bawah menjadi menguntungkan bagi petani. Pasalnya petani dapat lebih mudah memilih penggilingan padi yang biayanya murah dan bermutu.

Dijelaskan Sukram, pihaknya selama ini pemerintah telah meluncurkan perda penggilingan padi, dan pihaknya secara rutin melakukan pembinaan bagi pelaku penggilingan padi agar produk berasnya berkualitas dan sesuai keinginan masyarakat.

( Ryan Rachman / CN34 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Banyumas Terbaru
image
23 Juli 2014 | 19:10 wib
Dibaca: 127
23 Juli 2014 | 14:36 wib
Dibaca: 358
23 Juli 2014 | 12:08 wib
Dibaca: 227
23 Juli 2014 | 11:49 wib
Dibaca: 220
23 Juli 2014 | 11:38 wib
Dibaca: 541
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER