panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
08 Juli 2013 | 10:59 wib
Lebaran, Tarif Angkutan Dipastikan Tak Naik

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Menghadapi Lebaran nanti, tarif angkutan umum khususnya jenis bus dipastikan tidak akan mengalami kenaikan.  Hal ini menyusul kebijakan pemerintah yang telah menaikkan tarif angkutan sebagai dampak dari kenaikan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

''Tidak ada kenaikan tarif saat Lebaran.  Nanti acuannya tetap menggunakan Permenhub No 64 Tahun 2013 tanggal 25 Juni lalu, yakni menggunakan tarif batas atas dan batas bawah,'' kata Kepala UPT Terminal Purwokerto, Hadi Suharto, Senin (8/7).

Untuk tarif batas atas, lanjut dia, saat ini sebesar Rp 161/km/penumpang, sedangkan tarif batas bawahnya sebesar Rp 99/km/penumpang.  Dengan adanya kebijakan tersebut, pada saat musim arus mudik dan balik Lebaran, para awak bus menyesuiakan dengan ketentuan itu.

Meski tidak ada kenaikan tarif, lanjut dia, pemerintah dalam hal ini Ditjen Perhubungan Darat akan memberikan toleransi terhadap jumlah penumpang yang diangkut oleh masing-masing bus.  ''Bila sebuah bus kapasitas tempat duduknya sebanyak 50 orang, maka nanti akan diberi toleransi untuk menambah jumlah penumpang maksimal 15 persen dari kapasitas itu atau sekitar enam= orang,'' jelas dia.

Dia menambahkan, selama musim Lebaran nanti, diperkirakan jumlah penumpang bus akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan, bila dibandingkan pada kondisi normal.  Selain banyaknya jumlah pemudik, peningkatan tersebut juga dipicu beralihnya sebagian masyarakat untuk menggunakan moda transportasi bus lantaran adanya pembatasan jumlah penumpang di kereta api.

''Sekarang jumlah penumpang di kereta api dibatasi sesuai dengan kapasitas tempat duduk yang tersedia.  Lantaran adanya kebijakan ini, maka mau tidak mau penumpang yang tidak mendapatkan tiket tempat duduk kereta api akan mencari angkutan penumpang alternatif yang lain, khususnya bus,'' jelasnya.

Sementara terkait dengan kemungkinan adanya awak bus yang nakal dengan menaikkan tarif melebihi ketentuan, dia mengimbau ke penumpang untuk berani melapor ke petugas terminal.  ''Silakan melapor ke kami bila menemukan awak bus yang mengambil kesempatan saat musim Lebaran dengan menaikkan tarif seenaknya.  Pasti akan kami tindak,'' tandasnya.

( Budi Setyawan / CN19 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Banyumas Terbaru
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 16410
05 September 2014 | 20:30 wib
Dibaca: 4783
05 September 2014 | 19:15 wib
Dibaca: 5003
image
05 September 2014 | 13:12 wib
Dibaca: 927
05 September 2014 | 12:11 wib
Dibaca: 1634
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER