panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
05 Juli 2013 | 10:03 wib
Ramadan, MOS Diminta Tak Memberatkan

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Sejumlah orang tua siswa baru minta agar pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS) pada tahun ajaran baru kali ini tidak terlalu memberatkan siswa.  Pasalnya waktu pelaksanaan MOS, kemungkinan besar bersamaan dengan Ramadan, sehingga dikhawatirkan daya tubuh siswa berkurang.

''Harapan kami sebagai orang tua, pelaksanaan ospek (masa orientasi siswa) tidak terlalu membebani siswa.  Apalagi informasi yang kami peroleh, pelaksanaannya bersamaan dengan bulan puasa.  Kami khawatir bila terlalu banyak menguras tenaga, nanti malah jatuh sakit,'' ungkap Edi, orang tua siswa, Jumat (5/7).

Dia mengaku, sebenarnya tidak keberatan dengan adanya masa orientasi, bahkan kegiatan seperti ini tetap diperlukan, terutama untuk mengenalkan siswa terhadap lingkungannya yang baru.  ''Mereka kan belum tahu tentang kondisi sekolah dan belum kenal dengan siswa lain di sekolah itu.  Jadi dengan adanya MOS, diharapkan mereka menjadi saling kenal,'' jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, pelaksanaan masa orientasi ini diharapkan tidak dimanfaatkan sebagai ajang perpeloncoan terhadap siswa baru.  ''Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, masih ada sekolah yang menerapkan kegiatan perpeloncoan.  Bahkan siswa baru diwajibkan membawa barang-barang yang sulit diperoleh dan sebenarnya itu tidak penting,'' tambah dia.

Komentar yang tidak jauh berbeda juga diungkapkan Trisno, orang tua siswa baru lainnya.  Menurut dia, sekolah perlu memberikan kelonggaran bagi siswa baru.  ''Bila perlu kegiatan MOS cukup diisi dengan penyampaian materi yang dilaksanakan di ruang kelas saja.  Lebih baik siswa tidak perlu melakukan kegiatan di luar kelas, apalagi dilaksanakan pada siang hari,'' ungkapnya.

Sementara saat dihubungi Suara Merdeka, Kasi Pengendalian Mutu Dikmen Dinas Pendidikan Banyumas, Kusyanto, mengatakan meski jadwal pelaksanaan MOS bersamaan dengan Ramadan, namun sampai sejauh ini tidak ada rencana dari dinas untuk memajukan jadwal tersebut.

''Kami baru saja mengadakan rapat membahas MOS di SMA Ajibarang, rencananya MOS akan dilaksanakan pada tanggal 15,16 dan 17 Juli mendatang,'' terang dia.

Lantaran pelaksanaannya bertepatan dengan Ramadan, dinas mengambil kebijakan untuk mempersingkat waktu pelaksanaannya.  Bila biasanya pelaksanaan masa orientasi dari pagi sampai sore, namun karena bersamaan dengan bulan puasa, maka nanti pelaksanaannya hanya sampai pukul 13.00.

Selain itu, tambah dia, sekolah diimbau untuk tidak terlalu memberikan tugas yang berat terhadap siswa baru selama pelaksanaan masa orientasi. ''Imbauan kami, jangan sampai terlalu memberatkan siswa.  Apalagi bersamaan dengan bulan puasa,'' tandasnya.

( Budi Setyawan / CN19 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga



    Panel menu
    Banyumas Terbaru
    05 September 2014 | 23:45 wib
    Dibaca: 36314
    05 September 2014 | 20:30 wib
    Dibaca: 7563
    05 September 2014 | 19:15 wib
    Dibaca: 7807
    image
    05 September 2014 | 13:12 wib
    Dibaca: 1065
    05 September 2014 | 12:11 wib
    Dibaca: 1827
    Panel menu tepopuler dan terkomentar
    Berita Terpopuler
    FOOTER