panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
01 Juli 2013 | 10:30 wib
Belum Ada Kejelasan Pelaksanaan Kurikulum Baru di Madrasah

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Kendati pelaksanaan kurikulum baru pada jenjang sekolah umum kemungkinan besar akan dilaksanakan mulai tahun ajaran baru ini, namun pelaksanaan di jenjang madrasah justru malah belum ada kejelasan.

Kasi Mapenda Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Banyumas, Ibnu Asaduddin, mengatakan pihaknya belum menerima informasi resmi terkait pelaksanaan kurikulum baru.  Namun demikian, Kantor Kemenag kabupaten terus melakukan koordinasi Kemenag pusat.

Saat ditanya apakah ada kemungkinan ditunda, ia tidak menampik. ''Kemungkinan iya (ditunda-Red), tapi kami belum ada informasi resmi dari Kemenag pusat.  Yang jelas kami masih melakukan koordinasi,'' katanya.

Saat ini, lanjut dia, Kemenag Banyumas belum berani untuk mengadakan sosialisasi kurikulum 2013.  Justru yang dapat melakukan sosialisasi adalah organisasi-organisasi pendidik maupun dari pihak perguruan tinggi.

Dia menambahkan, untuk pelaksanaan kurikulum baru, Dinas Pendidikan belum dapat menerapkan di seluruh sekolah.  ''Penerapannya tidak semua, tetapi hanya sampel di masing-masing jenjang,'' jelasnya.

Terkait munculnya kesan pelaksanaan kurikulum baru terlalu dipaksakan, dia menilai, hal ini bukan dipaksakan.  ''Itu kan bahasanya bagi yang kontra. Kurikulum itu bersifat dinamis mengikuti perkembangan zaman,'' katanya.

Menurut dia, pada dasarnya kurikulum tidak berubah, tetapi penyempurnaan dari tahun ke tahun. Sementara Sekretaris Dewan Pendidikan Banyumas, Tri Joko H, menjelaskan tahun ini pelaksanaan kurikulum baru hanya diberlakukan di sejumlah sekolah yang menjadi pilot project, khususnya sekolah eks RSBI dan sekolah yang terakreditasi A.

Menurutnya, hal ini tidak tepat.  Justru semestinya sekolah yang ditunjuk sebagai percontohan adalah sekolah yang belum terakreditasi. ''Kalau yang dijadikan uji coba sekolah terakreditasi A, tentu sekolah tersebut sudah siap.  Seharusnya yang diuji coba sekolah belum terakreditasi, sehingga akan diketahui kesiapan dari sekolah secara keseluruhan,'' tandasnya.

( Budi Setyawan / CN26 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Banyumas Terbaru
image
20 April 2014 | 14:40 wib
Dibaca: 482
20 April 2014 | 10:12 wib
Dibaca: 418
19 April 2014 | 16:30 wib
Dibaca: 575
19 April 2014 | 14:22 wib
Dibaca: 687
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
02 April 2014 | 17:16 wib
01 April 2014 | 23:35 wib
11 April 2014 | 17:55 wib
FOOTER