panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
14 Mei 2013 | 10:03 wib
Antisipasi Konvoi, Sekolah Diimbau Koordinasi dengan Polisi

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya arak-arakan atau konvoi kendaraan saat perayaan kelulusan nanti, sekolah diimbau untuk segera berkoordinasi dengan pihak keamanan setempat saat acara pengumuman kelulusan.

Langkah itu perlu diambil, pasalnya selama ini setiap tahun, konvoi kendaraan saat kelulusan siswa masih sering terjadi.  Padahal aksi tersebut dapat mengganggu pengguna jalan yang lain.  Belum lagi aksi corat-coret seragam yang seringkali dinilai sebagai perilaku negatif.

Imbauan tersebut disampaikan Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Banyumas, Joko Wiyono MR, Selasa (14/5). Menurutnya, satuan pendidikan yang menggelar pengumuman kelulusan, hendaknya menjalin kerja sama dengan aparat kepolisian atau bahkan aparat TNI untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Menurut dia, semestinya pengumuman kelulusan siswa dapat menciptakan iklim yang kondusif bagi lembaga maupun lingkungan.  Jangan sampai pengumuman kelulusan, justru menimbulkan ketidaknyamanan masyarakat. Makanya, dinas akan membuat regulasi tentang mekanisme pelaksanaan pengumuman.

''Kami sedang menyiapkan regulasi tersebut dengan tujuan agar siswa tidak melakukan aksi arak-arakan di jalan.  Selain itu, siswa diimbau pula untuk mengedepankan sikap santun, bersyukur serta memberikan rasa empati kepada orang lain,'' kata Joko sambil menegaskan pengumuman kelulusan siswa SMA sederajat akan dilaksanakan 24 Mei mendatang.

Dia menambahkan, biasanya pelaksanaan pengumuman kelulusan siswa bersamaan dengan acara perpisahan sekolah.  Oleh sebab itu, lanjut dia, koordinasi dengan pihak keamanan menjadi sesuatu yang penting.

''Kapasitas dinas hanya sebatas membuat regulasi, sedangkan teknis secara umum terkait penyelenggaraan kegiatan diserahkan ke masing-masing satuan pendidikan. Namun kami memberikan rambu-rambu agar dalam pelaksanaan pengumuman kelulusan dan perpisahan bisa menjaga kondusivitas,'' ujarnya.

Sebenarnya ada beberapa cara agar pengumuman kelulusan tidak diisi dengan kegiatan konvoi kendaraan. Salah satunya saat pengumuman, cukup hanya mengundang orang tua/wali siswa.  Selain itu bisa pula hasil pengumuman disampaikan melalui paket pos ke alamat siswa.

( Budi Setyawan / CN26 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Banyumas Terbaru
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 6403
05 September 2014 | 20:30 wib
Dibaca: 2489
05 September 2014 | 19:15 wib
Dibaca: 2733
image
05 September 2014 | 13:12 wib
Dibaca: 820
05 September 2014 | 12:11 wib
Dibaca: 1449
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER