panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
13 Mei 2013 | 10:49 wib
Surat Edaran Belum Turun, Sosialisasi Kurikulum Baru Terhambat

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Kegiatan sosialisasi tentang penerapan kurikulum baru tahun 2013 bagi tenaga pendidik, sampai saat ini belum dilakukan Dinas Pendidikan (Dindik) Banyumas. Penyebabnya, dinas sampai sekarang belum menerima surat edaran tentang pelaksanaan sosialisasi kurikulum baru tersebut.

Keberadaan surat edaran ini cukup penting, sebab sebagai dasar bagi dinas dalam melakukan langkah persiapan terkait penerapan kurikulum yang baru. Salah satunya dalam memberikan sosialisasi terkait teknis pelaksanaannya bagi para tenaga pendidik yang bersentuhan secara langsung.

Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum Bidang Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Banyumas, Enas Hindasah, mengaku masih menunggu surat edaran dari Kemendikbud terkait rencana penerapan kurikulum baru itu.  ''Terus terang kami masih menunggu,'' katanya, Senin (13/5).

Diakui, sosialisasi terhadap masing-masing Dinas Pendidikan di seluruh kabupaten/kota di Jateng telah dilakukan.  Bahkan pelaksanaannya berlangsung di dua tempat, yakni Semarang maupun Jakarta.  Tetapi dalam pertemuan itu, belum ada perintah untuk melakukan sosialisasi maupun pelatihan bagi para pendidik.

Pernyataan Enas itu diperkuat oleh pernyataan Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan, Susmoro. Ia juga mengaku masih menunggu surat edaran itu turun. ''Iya betul,surat edarannya memang belum turun,'' katanya.

Bahkan ia mengaku belum dapat berbicara banyak tentang penerapan kurikulum baru.  Demikian pula ketika ditanya tentang kemungkinan penerapan kurikulum hanya diberlakukan bagi sebagian sekolah.  ''Memang ada wacana seperti itu, tapi kepastiannya kami masih menunggu,'' tambah dia.

Terkait dengan kesiapan Dinas Pendidikan Banyumas dalam menghadapi kurikulum baru, Susmoro mengatakan sudah menyusun rencana untuk memberikan pelatihan bagi tenaga pendidik.  ''Tapi karena ini berkaitan dengan kepegawaian, rencananya akan kami serahkan kepada Bidang PPTK,'' ujar dia.

( Budi Setyawan / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Banyumas Terbaru
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 12907
05 September 2014 | 20:30 wib
Dibaca: 4106
05 September 2014 | 19:15 wib
Dibaca: 4326
image
05 September 2014 | 13:12 wib
Dibaca: 885
05 September 2014 | 12:11 wib
Dibaca: 1585
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER