panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
09 Mei 2013 | 08:56 wib
Mayoritas Caleg Banjarnegara Tidak Memenuhi Syarat

BANJARNEGARA, suaramerdeka.com - Sebagian besar calon legislatif (caleg) yang didaftarkan partai politik ke KPU, setelah dilakukan verifikasi ternyata banyak yang tidak memenuhi syarat (TMS). Hal tersebut mengemuka dalam rapat penyerahan hasil verifikasi caleg di kantor KPU Banjarnegara, Rabu (8/5).

Sebanyak 390 caleg dari total 465 caleg yang diverifikasi KPU, dinyatakan tidak memenuhi syarat. Meski demikian, hal yang membuat tidak memenuhi syarat menurut Ketua KPU Banjarnegara Wahyu Setiawan, banyak dikarenakan hal-hal sepele.

''Faktor yang paling banyak membuat para caleg tidak memenuhi syarat, karena surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari puskesmas tidak memenuhi syarat. Puskesmas di Banjarnegara ternyata belum memungkinkan tes kesehatan jasmani dan rohani karena keterbatasan peralatan. Konsekuensi logisnya maka surat yang dikeluarkan oleh puskesmas menjadi tidak memenuhi syarat,'' kata Wahyu.

Solusinya, lanjut dia, para caleg disarankan melakukan tes kesehatan lagi di rumah sakit milik pemerintah agar tes kesehatan yang dilakukan lengkap. Yakni meliputi tes kesehatan jasmani, rohani dan tes narkoba.

Hal lain yang membuat caleg dinyatakan TMS, karena foto yang disertakan tidak lengkap, tidak ada nomor urut caleg tersebut dan penulisan nama yang berbeda. Misalnya, antara nama waktu kecil di ijazah berbeda dengan nama di KTP setelah yang bersangkutan menikah.

''Solusinya dengan meminta keterangan dari sekolah bahwa nama yang tertera di ijazah itu adalah benar namanya. Solusi lain, membuat surat pernyataan pribadi dengan materai cukup yang menyatakan bahwa nama itu adalah benar dirinya,'' ungkap Wahyu.

Berdasarkan data KPU Banjarnegara, jumlah seluruh caleg yakni 465 yang terdiri atas 176 orang caleg perempuan dan 289 caleg laki-laki.

 

( M Syarif SW / CN19 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Banyumas Terbaru
01 Agustus 2014 | 22:46 wib
Dibaca: 67
01 Agustus 2014 | 18:42 wib
Dibaca: 252
01 Agustus 2014 | 17:55 wib
Dibaca: 319
01 Agustus 2014 | 14:21 wib
Dibaca: 352
01 Agustus 2014 | 07:58 wib
Dibaca: 311
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER