panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
07 Mei 2013 | 05:37 wib
Film "Rebutan WC" Jawara FFN 2013


CILACAP,suaramerdeka.com
- Film pendek Rebutan WC dari SMK Dr Soetomo Cilacap, berhasil meraih hasil maksimal dalam Festival Film Ngapak (FFN) 2013 yang digelar di Aula Politeknik Cilacap, Minggu (5/5) petang.

Film yang disutradarai Pember Diono tersebut menyabet gelar Film Fiksi Pendek Terbaik. Setelah menyisihkan 28 karya pelajar se-Kabupaten Cilacap. "Senang film ini bisa meraih juara untuk yang kedua kalinya," kata dia, kemarin.

Adapun film yang diproduksi tahun lalu ini berkisah tentang kehidupan di sebuah kampung yang padat penduduk. Minimnya fasilitas MCK, membuat warga harus berebut untuk memanfaatkannya. Akibatnya, sejumlah kelucuan menjadi tontonan yang mampu mengocok perut.

Sementara untuk kategori Dokumenter Terbaik digondol oleh film Mengepal Mimpi  dari SMK Karya Tunas Nusantara Wanareja. Hampir serupa dengan film besutan Pember Diono, film arahan sutradara B Haca ini pernah menyabet penghargaan dalam Festival Film SMK yang digelar beberapa bulan lalu di Cilacap.

Anas Danu Sudrajat, guru pembimbing sinematografi  SMK Karya Tunas Nusantara Wanareja mengaku banggaan atas prestasi yang diraih siswanya. "Semoga ajang ini tetap digelar secara rutin. Agar bisa memotivasi para pelajar di Cilacap dalam berkarya," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur FFN 2013, Insan Indah Pribadi mengatakan, festival yang pertama kali digelar ini diikuti oleh 34 film. Enam buah diantaranya berkompetisi dalam kategori dokumenter. Film-film ini umumnya bercerita tentang kondisi Cilacap yang memprihatinkan.

"Hal ini seharusnya bisa menjadi media kontrol sosial bagi pemerintah," kata dia. 

Kondisi memprihatinkan itu, sambung Ketua Dewan Kesenian Cilacap (DKC) Nasruddin Muddaf, juga terlihat dari ketiadaan gedung yang bisa dimanfaatkan untuk memutar film. Menurut dia, semestinya Pemkab menaruh perhatian dengan  memfasilitasi sineas muda Cilacap untuk mengembangkan potensinya.

Usai festival ini, panitia berencana menggelar Layar Tanjleb Keliling kampung. Untuk mengkampanyekan  pesan tersirat dalam film yang masuk di FFN 2013.

( Nugroho Pandhu Sukmono / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Banyumas Terbaru
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 36740
05 September 2014 | 20:30 wib
Dibaca: 7620
05 September 2014 | 19:15 wib
Dibaca: 7860
image
05 September 2014 | 13:12 wib
Dibaca: 1066
05 September 2014 | 12:11 wib
Dibaca: 1829
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER