panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
19 April 2013 | 11:30 wib
SK Tunjangan Profesi Guru di Banyumas Terhambat

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Belum turunnya Surat Keputusan (SK) tunjangan profesi guru yang terjadi selama ini, dituding lantaran belum beresnya proses entri data dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

H Siswoyo, kabid Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPTK) Dinas Pendidikan Banyumas, mengatakan sebenarnya cepat lambatnya proses penerbitan SK tunjangan, salah satunya tergantung dari keseriusan guru penerima maupun sekolah dalam melakukan entri data Dapodik.

''Jadi bila SK maupun tunjangan belum cair, persoalannya tidak ada di dinas, melainkan ada pada guru penerima maupun operator Dapodik di masing-masing sekolah,'' ungkapnya Jumat (19/4).

Perlu diketahui, jumlah guru di Kabupaten Banyumas yang pada tahun ini diusulkan mendapatkan tunjangan profesi sebanyak 7.027 orang.  Dari jumlah itu yang sudah mendapatkan SK sebanyak 4.522 orang, sedangkan yang belum 2.505 orang.

Terkait dengan alokasi dana tunjangan profesi tahun ini, dia menyebut sebesar Rp 72,7 miliar.  Angka tersebut akan dialokasikan bagi sebanyak 7.027 guru yang diusulkan menerima tunjangan.

Adapun penyebab guru yang telah menerima SK, tetapi belum menerima tunjangan adalah lambatnya dalam melengkapi berkas syarat pencairan.

Siswoyo menilai, kendala dalam Dapodik sifatnya beragam. Ada empat kendala yang berpotensi terjadi, di antaranya kemungkinan operator Dapodik belum mengupload data, tidak memenuhi syarat (TMS), atau pun SK sudah siap tetapi belum turun.

Bagi guru yang sudah menerima SK, lanjut dia, diminta untuk segera melengkapi berkas syarat pencairan dan ditunggu hingga 20 April mendatang. Bila itu ditepati, maka Dindik menjamin pencairan bisa dilakukan pada Mei pekan pertama.

"Setelah pemberkasan selesai, kami melakukan verifikasi sekitar sepekan. Makanya kalau waktu pemberkasan bisa ditepati, Mei tunjangan sudah bisa cair," tandasnya.

( Budi Setyawan / CN19 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Banyumas Terbaru
24 Juli 2014 | 20:32 wib
Dibaca: 268
24 Juli 2014 | 20:05 wib
Dibaca: 181
24 Juli 2014 | 19:02 wib
Dibaca: 237
24 Juli 2014 | 10:47 wib
Dibaca: 312
24 Juli 2014 | 10:36 wib
Dibaca: 287
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER