panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
30 Maret 2013 | 13:49 wib
Gerakan Anshor Penting bagi NU


PURBALINGGA, suaramerdeka.com
- Ketua Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Anshor Purbalingga, Ulil Archam menegaskan bahwa  pergerakan GP Anshor sangat penting bagi eksistensi Nahdlatul Ulama di Kota Perwira.

"Pergerakan itu ada di bawah, kalau di tingkat rangting selalu melakukan kegiatan, maka tidak akan ada mushola atau masjid yang direbut oleh aqidah yang lain," kata Ulil Archam.

Dia menegaskan hal itu saat pembukaan Pelatihan Dasar Kepemimpinan (PKD) bagi GP Anshor. Kegiatan level kabupaten itu digelar di Madrasah Maarif NU Desa Jambu Desa, Kecamatan Karanganyar, Jumat-Minggu (29-31/3).

Ulil mengakui banyak keluhan tentang perebutan pengaruh di masjid oleh beberapa aqidah yang lain. Namun, menurutnya, hal itu jangan direspon dengan tindak kekerasan, melainkan instrospeksi diri.

Terutama, berkaca mengenai sejauh mana penguatan aqidah warga NU di Purbalingga. "Kegiatan ini langkah awal memperkuat aqidah," kata Ulil Archam menegaskan pada 60 peserta yang hadir dari tujuh kecamatan.

PKD, sambungnya, penting posisinya dalam meningkatkan kapasitas diri GP Anshor. Sekaligus pencarian bibit pemimpin. "Ilmu bisa sambil jalan, semangat yang harus dipupuk," ujarnya.

Ketua MWC NU Kecamatan Karanganyar, Taifur Marzuki juga menggarisbawahi hal serupa. Menurut dia, meski secara kultural gerakan NU mengakar, secara organisasional masih kerap ditemui kelemahan.

"Karena itulah, saya harap peserta kegiatan ini bisa menyerap dan mengembangkan materi yang didapatdi wilayahnya masing masing," kata Taifur sebelum melakukan pembukaan.

( Bangkit Wismo / CN33 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Banyumas Terbaru
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 36356
05 September 2014 | 20:30 wib
Dibaca: 7569
05 September 2014 | 19:15 wib
Dibaca: 7813
image
05 September 2014 | 13:12 wib
Dibaca: 1065
05 September 2014 | 12:11 wib
Dibaca: 1827
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER