panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
26 Maret 2013 | 21:59 wib
Nama Bupati Purbalingga Dicatut untuk Penipuan


PURBALINGGA, suaramerdeka.com
- Aksi penipuan dengan mencatut nama Bupati Purbalingga, Heru Sudjatmoko belakangan kembali marak. Penipu agaknya memanfaatkan momen pencalonan Heru sebagai calon wakil gubernur (cawagub) Jateng berpasangan dengan Ganjar Pranowo yang diusung PDI Perjuangan.

Kasubag Analisis dan Kemitraan Media Bagian Humas Setda Purbalingga, Prayitno mengungkapkan, pihaknya beberapa kali menerima konfirmasi dari masyarakat dan pihak-pihak tertentu untuk menanyakan kebenaran soal nama ajudan bupati dan juga mempertanyakan apakah benar soal permintaan uang dalam jumlah tertentu oleh bupati.

"Beberapa kali kami dihubungi oleh calon korban yang telah mendapat telepon dari seseorang yang mengaku ajudan dan yang mengaku bupati. Rata-rata yang mengkonfirmasi ke Bagian Humas sebagian besar karena merasa tidak yakin jika si penelepon itu benar-benar Bupati Purbalingga," kata Prayitno, Senin (25/3).

Menurut Prayitno, pada Senin (25/3) siang, sekitar pukul 12.30 WIB pihaknya juga menerima konfirmasi dari seseorang staf lembaga yang berkantor pusat di Semarang. Staf tersebut mengkonfirmasikan apakah benar ada nama ajudan bupati seperti yang disebutkan di ujung telepon. Ajudan itu kemudian seolah-olah mengatakan jika bupati akan berbicara langsung dengan pimpinan lembaga itu. Sambungan telepon pun berpindah dari seseorang yang mengaku bupati. Pembicaraan selanjutnya sudah bisa ditebak, si penelpon meminta sejumlah uang untuk segera ditransfer.

”Merasa curiga dengan isi pembicaraan dan permintaan sejumlah uang, pimpinan lembaga itu melalui stafnya mengkonfirmasikan kepada Bagian Humas Setda,” ujar Prayitno tanpa menyebut lembaga dimaksud.

Setelah mendapat telepon tersebut, Prayitno menkonfirmasikan kepada ajudan bupati yang sebenarnya. Setelah dipastikan bahwa ajudan maupun bupati tidak menghubungi orang tersebut, maka pihak Humas mengambil langkah cepat dengan menghubungi pimpinan lembaga tersebut dan meminta untuk tidak memenuhi permintaan itu.

”Modus semacam ini sebenarnya sudah pernah terjadi. Kami meminta kepada masyarakat luas dan pihak-pihak tertentu untuk tidak mempercayai modus penipuan yang mencatut nama Bupati Purbalingga. Sebagai seorang Bupati, tentu tidak akan melakukan tindakan tidak terpuji itu yang jelas-jelas merugikan masyarakat,” kata Prayitno.

Prayitno menambahkan, modus penipuan dengan mencatut nama bupati bisa saja dilakukan oleh pihak tertentu untuk mencemarkan nama baik Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko. Belakangan namanya semakin populer seiring dengan pencalonannya sebagai Cawagub Jateng berpasangan dengan politisi senayan Ganjar Pranowo yang diusung PDI Perjuangan.

( Ryan Rachman / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Banyumas Terbaru
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 6048
05 September 2014 | 20:30 wib
Dibaca: 2353
05 September 2014 | 19:15 wib
Dibaca: 2590
image
05 September 2014 | 13:12 wib
Dibaca: 817
05 September 2014 | 12:11 wib
Dibaca: 1437
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER