panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
05 Februari 2013 | 23:09 wib
Posyandu Mawar, Wujudkan Desa Sehat Mandiri

PURBALINGGA, suaramerdeka.com – Tak muluk-muluk dan cukup sederhana cita-cita dari Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Mawar I Desa Kedungwuluh, Kecamatan Kalimanah, Purbalingga.

Berbekal kekompakan para pengurus dan anggotanya, mereka ingin mewujudkan masuyarata desa yang sehat secara mandiri. Warga juga terus aktif berperan dalam forum kesehatan desa.

"Forum kesehatan desa ini mempunyai program kerja berupa Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang didalamnya terdapat Posyandu. Posyandu ini dilaksanakan dari, oleh untuk dan bersama masyarakat," kata Ketua Posyandu Mawar I Siti Nurngaeni, disela - sela penilaian lomba Posyandu tingkat Provinsi Jateng, Selasa (5/2).

Ikut hadir bersama tim penilai istri Gubernur Jateng Sri Suharti Bibit Waluyo. Menurut Siti Nurngaeni, di Desa Kedungwuluh terdapat empat Posyandu, salah satunya Posyandu Mawar I yang ditetapkan sebagai Posyandu terbaik tingkat kabupaten Purbalingga pada tahun 2012.

Menurutnya, posyandu itu tidak hanya melaksanakan lima program utama saja yang meliputi KIA (kesehatan Ibu Anak), keluarga berencana, imunisasi, perbaikan gizi, penanggulangan diare dan ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut), tetapi juga melaksanakan dan mengembangkan berbagai upaya kesehatan lainnya.

Seperti berintegrasi dengan kegiatan Pos PAUD, dan Bina Keluarga Balita (BKB), Posyandu Lansia, Jamkesda dan penyehatan lingkungan. Sehingga tak berlebihan jika Posyandu merupakan Posyandu Mandiri atau Posyandu Model.

Siti menjelaskan, wilayah kerja Posyandu Mawar I berada di Dusun I Desa Kedungwuluh yang terdiri dari 1 RW dan 8 RT dengan jumlah penduduk sebanyak 912 jiwa atau 289 kepala keluarga (KK).

Mata pencaharian penduduk sebagian besar petani, buruh, kemudian PNS, karyawan swasta dan wiraswasta.

( Ryan Rachman / CN37 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Banyumas Terbaru
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 36700
05 September 2014 | 20:30 wib
Dibaca: 7614
05 September 2014 | 19:15 wib
Dibaca: 7854
image
05 September 2014 | 13:12 wib
Dibaca: 1065
05 September 2014 | 12:11 wib
Dibaca: 1829
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER