panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
08 Agustus 2014 | 02:50 wib
Mahasiswa Indonesia Raih Emas di Kompetisi Internasional Matematika

JAKARTA, suaramerdeka.com - Satu dari tujuh mahasiswa Indonesia berhasil meraih medali emas (first prize) di ajang International Mathemathics Competition (IMC) 2014, yang digelar di Bulgaria, 29 Juli-4 Agustus lalu. Perolehan medali emas tersebut merupakan pertama kalinya bagi tim Indonesia dalam ajang tahunan tersebut.

Adalah Muhammad Yasya, mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Jurusan Teknik Elektro, yang berhasil mendapatkan medali emas. Selain Yasya, enam mahasiswa lainnya pun turut mendapat penghargaan.

Yoshua Yonathan Hamonangan (Second Prize) dari jurusan Matematika Universitas Indonesia (UI), Pramudya A (Second Prize) dari Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada (UGM), Taufiq A (Third Prize) dari Matematika UGM, Sofihara Alhazmi (Third Prize) dari Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Kemudian dua mahasiswa peraih penghargaan Honorable Mention yaitu Dian Sitorumi dari Matematika Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Muhammad Ardiyansyah dari Matematika UGM.

Prestasi yang diraih tim matematika kali ini lebih baik dari sebelumnya. Dimana pada tahun 2013 lalu, hanya bisa membawa pulang satu perak, dua perunggu, dan satu honorable mention.

Adapun bidang yang dikompetisikan adalah aljabar, analisis (real dan complex), geometri dan kombinatorial dengan pengantar bahasa Inggris. Kompetisi tersebut diikuti lebih dari 193 institusi dari 44 negara. IMC 2014 merupakan penyelenggaraan ke 21, keikutsertaan Indonesia yang ketiga kalinya

Kasubdit Kemahasiswaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Dikti, Kemdikbud, Widyo Winarso mengatakan, yang diraih oleh kontingen mahasiswa tahun ini cukup membanggakan. "Ini sebuah prestasi internasional yang membanggakan, karena sebelumnya hanya meraih silver," ujarnya.

Diharapkan prestasi kali ini bisa menjadi motivasi mahasiswa lainnya untuk bisa meraih prestasi di kancah internasional. "Tentunya tidak hanya di bidang matematika," imbuhnya.

Bagi Yasya, ini merupakan medali emas pertamanya di tingkat internasional. Mahasiswa semester dua itu mengakui sudah menyukai matematika sejak kecil. "Ada tantangan tersendiri ketika harus memecahkan kasus di matematika. Matematika itu bersifat dinamis," katanya.

( Satrio Wicaksono / CN31 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 213902
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 232849
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 233790
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 252506
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 234909
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER