panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
19 Maret 2014 | 14:01 wib
Banjir dan Longsor Landa Empat Kecamatan di Wonogiri
image

BANJIR: Luapan banjir Kali Wiroko, menggenangi sebagian jalan beraspal di wilayah tapal batas Kecamatan Nguntoronadi dan Tirtomoyo. (suaramerdeka.com/ Bambang Purnomo)

WONOGIRI, suaramerdeka.com - Hujan deras berkepanjangan di Kabupaten Wonogiri, telah menimbulkan bencana banjir dan tanah longsor di empat wilayah Kecamatan. Yakni di Kecamatan Tirtomoyo, Nguntoronadi, Slogohimo dan Purwantoro. Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam ini.

Dari Kecamatan Purwantoro, Camat setempat Khamid Wijaya, melaporkan, dampak dari hujan deras yang berkepanjangan, telah menyebabkan longsor pada tebing lereng bukit di Dusun Jabing, Desa Sumber, Kecamatan Purwantoro.

Dampaknya, rumah milik Tardi rusak. Material longsorannya menjebol dinding sisi belakang rumah, dan mengurug tiga orang korban penghuni rumah.

Ketiga korban terdiri atas Ratmi (22) dan dua anaknya masing-masing Andini (5) dan Fais (3). Mengetahui putri dan dua cucunya tertimbun longsoran, segera Tardi bersama para tetangga memberikan pertolongan, untuk menyingkirkan material longsoran.

Beruntung, ketiganya selamat, meski mengalami luka di kepala dan kakinya. Tiga korban tanah longsor ini, bertahan hidup karena masih menemukan rongga dan celah lubang untuk bernafas.

"Sekitar setengah jam ketiganya tertimbun, tapi semuanya berhasil diselamatkan," tegas Camat Purwantoro, Khamid Wijaya.

Banjir

Sementara itu, dampak dari hujan deras berkepanjangan, telah menyebabkan banjir di aliran Kali Wiroko. Anak Sungai Bengawan Solo yang mengalir dari hulu wilayah Kecamatan Tirtomoyo ini, meluap menggenangi sawah dan tegalan milik para petani di wilayah perbatasan Kecamatan Tirtomoyo dan Nguntoronadi.

"Luapan permukaan banjirnya nyaris mencapai landasan Jembatan Karangturi yang membentang di ruas jalan Nguntoronadi - Baturetno," tutur Yanto, warga Karangturi.

Sebagian luapan air banjir Kali Wiroko, meluber menggenangi ruas jalan beraspal wilayah tapal batas Kecamatan Nguntoronadi dan Tirtomoyo. Tapi dampaknya tidak sampai memacetkan arus lalu lintas Wonogiri (Jateng) ke jurusan Pacitan (Jatim).

Wilayah tapal batas Nguntoronadi-Tirtomoyo ini, langganan luapan banjir Kali Wiroko, manakala turun hujan deras berkepanjangan. Luapan banjir kembali surut, ketika hujan mereda.

Banjir yang diakibatkan dari dampak hujan deras berkepanjangan, juga dilaporkan terjadi di wilayah Kecamatan Slogohimo, Wonogiri. Luapan banjirnya, menggenangi Kantor Balai Pertanian Slogohimo dan sekitarnya.

Pemicunya, karena lubang gorong-gorong saluran air di tepi ruas jalan Slogohimo-Purwantoro, diduga kurang besar untuk jalan luapan air banjir, dan ada sebagian lubangnya yang tersumbat sampah. 

( Bambang Purnomo / CN33 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
30 Juli 2014 | 11:59 wib
Dibaca: 61
30 Juli 2014 | 11:45 wib
Dibaca: 83
30 Juli 2014 | 11:30 wib
Dibaca: 163
30 Juli 2014 | 11:13 wib
Dibaca: 152
image
30 Juli 2014 | 10:58 wib
Dibaca: 167
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER