panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
28 Februari 2014 | 22:42 wib
Pindah TPS, Pakai A5 Masih Bisa Nyoblos

DEMAK, suaramerdeka.com - KPU Demak memastikan masyarakat bisa menyalurkan hak pilihnya pada pemilihan legislatif (Pileg) 9 April mendatang, meski berpindah domisili. Mereka disediakan formulir A5 khusus bagi warga pindahan yang ingin ‘’nyoblos’’ di luar domisilinya.

‘’Berbagai tahapan kami tempuh untuk memastikan warga bisa menyalurkan hak pilihnya. Termasuk pemeliharaan daftar pemilih tetap (DPT) yang masih berlangsung hingga tujuh hari sebelum hari pemungutan suara,’’ kata Komisioner KPU Demak Divisi Kampanye dan Perhitungan Surat Suara,, Jessi Tri Joeni, Jumat (28/2).

Pemeliharaan DPT ini sesuai peraturan KPU Nomor 12/2010 tentang Pedoman Tatacara Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah, tepatnya pada pasal 32 ayat 1.  

Disebutkan bahwa  keperluan pemeliharaan Daftar Pemilih DPT sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 23, dalam jangka waktu tujuh hari sebelum hari pemungutan suara tidak dapat diadakan perubahan, kecuali terdapat pemilih yang meninggal dunia.

Adapun aturan penggunaan A5 ini, masyarakat diminta meengurus hak pilih di tempat lain paling lambat empat hari sebelum pemungutan suara dilalakukan. Lantas siapa saja yang bisa menggunakan form A5 ini?

‘’Bisa warga yang sedang bekerja atau menempuh studi di luar kota sehingga tidak memungkinkan mencoblos Pileg di daerah asal,’’ imbuhnya.

Dijelaskan, KPU memiliki semangat dan motivasi agar semua pemilih yang sudah meluangkan waktu untuk datang ke TPS tetap diberikan kesempatan untuk memilih walau di TPS lain. Bahkan, mereka mendapat semua surat suara, mulai dari DPR, DPD, DPRD provinsi, hingga DPRD kabupaten/kota.

Aturan ini berbeda dengan pemillu lima tahun yang lalu. Jessi  mengaku tidak khawatir akan terjadinya mobilisasi pemilih karena pindah TPS. Sebab, syarat bisa memilih di TPS lain berdasarkan PKPU Nomor 26 Tahun 2013 jelas, yakni  menjalani rawat inap di rumah sakit, menjadi tahanan di rumah tahanan atau lembaga pemasyarakatan, tugas belajar, pindah domisili, dan tertimpa bencana alam. 

Ia pun mengimbau masyarakat untuk ikut mensukseskan pemillu dengan mengawasi  KPPS mendistribusikan  C6 (surat undangan). Bagi pemillih yang tidak mendapatkan C6 hingga hari pemugutan suara tapi tercantum pada DPT, mereka bisa menunjukkan kartu identitas berupa KTP atau KK..

‘’Surat undangan C6 ini bukan satu-satunya dokumen yang menjadi syarat pemnilih bisa mencoblos.. Mereka masih bisa datang ke TPS asalkan namanya tercantum di DPT,’’ pungkasnya.

( Hartatik / CN19 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
30 Juli 2014 | 18:00 wib
Dibaca: 92
image
30 Juli 2014 | 17:50 wib
Dibaca: 107
image
30 Juli 2014 | 17:40 wib
Dibaca: 114
30 Juli 2014 | 17:30 wib
Dibaca: 123
30 Juli 2014 | 17:20 wib
Dibaca: 165
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER