panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
06 Februari 2014 | 18:15 wib
Berkas Kasus Pidana Pemilu Dinyatakan Lengkap

PURWOREJO, suaramerdeka.com - Penyidik Polres Purworejo bekerja sangat cepat dalam penanganan kasus dugaan tindak pidana pemilu yang terjadi di Desa Kalijambe, Kecamatan Baner, Purworejo. Setelah menetapkan Mus (45) sebagai tersangka, Kamis (6/2), penyidik Polres melimpahkan berkas perkara tersebut ke Jaksa Penutut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Purworejo.

Berkas tersebut diterima Kasipidum Nur Sricahya Wijaya yang bertindak sekaligus sebagai JPU kasus tersebut. Setelah dilakukan penelitian, JPU Kejari menyatakan berkas tersebut P21 alias lengkap. "Berkas sudah kami terima dan dari penelitian kami nyatakan P21 atau lengkap. Pelimpahan dari penyidik tadi sekaligus pelimpahan tersangka," ujar Cahya yang dimintai konfirmasi mewakili Kajari Purworejo Jasri Umar, Kamis (6/2).

Lebih lanjut diungkapkan Cahya, setelah P21 pihaknya langsung melakukan pemeriksaan terhadap tersangka untuk melengkapi berkas untuk kepentingan penyusunan rencana dakwaan (Rendak). Berkas tersebut tidak akan parkir lama di Kejari karena dalam waktu dekat akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Purworejo.

Cahya menyebutkan, pihak menjadwalkan berkas kasus dugaan tindak pidana pemilu itu rencananya akan dilimpahkan ke PN Purworejo awal pekan depan. Dia yakin setelah berkas tersebut sampai di PN akan segera diagendakan jadwa persidangan mengingat waktu yang tersedia dalam penanganan tindak pidana pemilu memang sangat singkat.

Seperti diketahui, kasus dugaan tindak pidana pemilu itu bermula saat diselenggarakan kegiatan Posyandu balita dan lansia di rumah tersangka pada 14 Januari 2014 lalu. Dalam kegiatan itu, warga yang hadir berjumlah sekitar 80 orang dan diberikan paket yang dibungkus kantong plastik warna putih ditempeli bahan kampanye berupa stiker bergambar caleg DPR RI PDIP dari Dapil VI Ina Ammania. Dalam stiker tersebut juga tertera isyarat ajakan mencoblos sehingga dianggap memenuhi unsur kampanye.

Setiap paket tersebut berisi satu buah kacamata beserta pembungkusnya yang juga tercantum nama caleg, nomor urut, dan partai. Selain itu, juga ada tiga bungkus biskuit makanan tambahan ASI. Seluruh barang bukti tersebut sudah disita penyidik.

( Nur Kholiq / CN38 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 25317
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 26965
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 26657
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 30093
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 25917
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER