panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
06 Januari 2014 | 09:06 wib
Kondisi Gunung Sinabung Kian Mengkhawatirkan

MEDAN, suaramerdeka.com - Hingga saat ini kondisi Gunung Api Sinabung kian mengkhawatirkan sehingga mengancam kehidupan -enduduk yang tinggal di sekitar lereng. Gunung api tertinggi di Sumatera Utara ini meletus beberapa kali dan menyemburkan debu vulkanik serta material kecil dari perut gunung, pada Minggu (5/1) malam.

"Belakangan ini sering keluar lahar kalau meletus. Tadi, saya lihat letusan jelang tengah malam, letusannya tidak terlalu keras, tapi jelas material yang keluar berwarna merah cerah. Pernah beberapa kali letusan seperti ini, tapi tidak sebanyak yang terakhir ini. Muntahannya lebih banyak," kata J Tarigan, seorang warga desa Berastepu.

Namun, lantaran tertutupi oleh awan panas dan debu vulkanik, apa yang disaksikan Tarigan dan kawan lainnya tidak berlangsung lama. Tarigan dan beberapa rekan satu desanya memilih meninggalkan tempat penampungan dan menjaga ternak mereka.

Mereka tetap nekat tidak mengungsi, meski pemerintah mengimbau agar segera meninggalkan desa sejauh 20 kilometer dari lereng. "Kami di sini saja jaga ternak. Kemarin sempat mengungsi, tapi jenuh di sana. Sedangkan ternak dan ladang ini andalan kami untuk kebutuhan sehari-hari serta sekolah anak-anak. Kami tetap siaga dan kalau memang bahaya kami siap mengungsi," lanjut Tarigan.

Mau tidak mau, Tarigan memang harus pulang ke kampungnya. Sementara itu, keluarganya sejak November telah mengungsi dan tetap berada di penampungan hingga waktu yang masih belum bisa ditentukan.

( vvn / CN26 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
image
02 September 2014 | 16:02 wib
Dibaca: 133
02 September 2014 | 15:52 wib
Dibaca: 134
02 September 2014 | 15:41 wib
Dibaca: 117
02 September 2014 | 15:30 wib
Korupsi Dana Subsidi Kemenpera
Eksepsi Ditolak, Sidang Rina Dilanjutkan
Dibaca: 179
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER