panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
24 Desember 2013 | 09:32 wib
Anggota Komisi X Dukung Penghapusan Ospek

JAKARTA, suaramerdeka.com - Penghapuasan Masa Orientasi Siswa (MOS) atau orientasi studi dan pengenalan kampus (Ospek) mendapat dukungan dari Anggota DPR Jefirston R. Riwu Kore.

Menurutnya, ospek bukan menjadi ajang pelampiasan kekerasan atau penganiayaan fisik yang berujung pada kematian. Menurutnya, kegiatan orientasi seyogyanya diarahkan untuk pengenalan program studi,.

Anggota Komisi X (bidang pendidikan dan kebudayaan) itu menuturkan, ospek diatur melalui peraturan menteri sehingga perlu ada evaluasi. “Jangan sampai sudah terjadi kasus lalu bingung, harus ada hukumannya. Banyak kampus yang masih melaksanakan ospek dengan kekerasan dan pemukulan. Intinya saya setuju ospek dihapus,” tegas politisi Partai Demokrat asal NTT ini.

Dia menyarankan, sebagai gantinya solusi yang ditawarkan agar masa orientasi diisi dengan  pelatihan-pelatihan berupa pengenalan kampus yang diberikan dalam ruangan.

"Pelatihan dan ketrampilan kemahasiswaan dan teknis perkuliahan seperti bagaimana mengambil SKS dan hal lain yang berkaitan dengan kemahasiswaan. Kegiatannya juga diadakan di ruang kuliah bukan di luar, sebab kalau di luar, terbuka untuk melakukan kekerasan fisik," paparnya.

Yang paling penting  lanjut Jefirtson, bagaimana memerlakukan kepada mahasiswa  untuk disiapkansebagai calon intelektual. Mahasiswa sebagai anak bangsa itu punya pendidikan tinggi sebagai generasi penerus.

( Andika Primasiwi , RED / CN26 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 12029
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 12737
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 12532
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 14824
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 12117
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER