panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
14 Desember 2013 | 06:09 wib
Gas Blora Dialirkan ke Pembangkit Listrik Tambaklorok Semarang

BLORA, suaramerdeka.com - PT Pertamina (Persero) meresmikan Proyek Pengembangan Gas Jawa (PPGJ) di Desa Sumber, Kecamatan Kradenan, Blora. Peresmian proyek-proyek tersebut merupakan rangkaian dari perayaan HUT Pertamina yang ke-56. Selain PPGJ, ikut diresmikan pula tiga proyek Pertamina lainnya yang berada di daerah lain di Indonesia.

Ketiga proyek itu adalah pengoperasian kembali kilang Trans Pacific Petrochemical Indotama di Kabupaten Tuban, Jatim; reflagging SPBU Petronas di Kalimalang, Jakarta Timur, menjadi SPBU COCO dan pembangunan  proyek rumah sakit Pertamedika di Sentul, Bogor, Jabar. Peresmian keempat proyek yang dipusatkan di Desa Sumber tersebut secara simbolis dilakukan Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan.

Direktur Utama PT. Pertamina EP, Adriansyah, mengemukakan PPGJ merupakan proyek pengembangan lapangan gas Blok Gundih yang berasal dari struktur Kedungtuban, Randublatung, dan Kedunglusi di Kabupaten Blora.

Blok Gundih saat ini memproduksikan 50 mmscfd (millions standard cubic feet per day) atau  50 juta kaki kubik per hari yang akan disalurkan sebagai bahan bakar pembangkit listrik di Tambaklorok, di Semarang.

"Dengan penggunaan gas sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik maka ada potensi penghematan Rp 21,4 triliun dari selisih biaya penggunaan HSD dan gas bumi,’’ ujarnya dalam sambutan peresmian proyek.

Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan, mengemukakan sudah cukup banyak investasi yang dilakukan Pertamina. Tahun ini saja tercatat nilai investasi Pertamina di luar investasi rutin sebesar 9,9 miliar dolar Amerika. "Saya tegaskan, setiap satu rupiah yang dikeluarkan harus menghasilkan return lebih tinggi," katanya.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyambut baik telah diresmikannya PPGJ di Kabupaten Blora tersebut. Dia pun menghendaki pasokan gas dari Desa Sumber ke Tambak Lorok itu bisa dimanfaatkan dengan baik, sehingga tidak akan terjadi krisis listrik terutama di wilayah Jateng.

( Abdul Muiz / CN26 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 15189
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 16071
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 15840
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 18394
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 15323
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER