panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
05 Oktober 2013 | 22:37 wib
Polisi Bekuk Provokator Kerusuhan Dairi

MEDAN, suaramerdeka.com - Pihak kepolisian mengamankan delapan orang terkait kerusuhan menjelang Pemilukada di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara (Sumut). Dua di antaranya sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Kepolisian Daerah (Polda) Sumut, Komisaris Besar R Heru Prakoso menyatakan ke delapan orang itu masih dimintai keterangannya di Polres Dairi.

Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan peran mereka dalam kerusuhan itu. Hal tersebut dikatakan oleh Heru kepada wartawan di Medan, Sabtu (5/10).

8 Orang ini diamankan polisi tak lama setelah massa melakukan perusakan sejumlah bangunan pemerintahan di Sidikalang, Dairi pada Jumat (4/10) malam hingga Sabtu dini hari.

Massa yang jumlahnya ratusan orang merusak kantor dan membakar mobil operasional Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dairi. Perusakan mobil dan gedung juga terjadi di kantor DPRD dan juga kantor Bupati Dairi.

Kerusuhan ini merupakan buntut dari persoalan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemilukada Dairi.

Massa pendemo mencurigai ada sekitar 50 ribu daftar pemilih bermasalah. Selain itu ditengarai ada masalah dan kecurangan dalam distribusi surat suara.

Pertemuan dengan KPU ternyata tidak tuntas, massa pun marah, dan berdemo hingga malam. Listrik yang padam, andil membuat massa makin marah dan melakukan perusakan.

Polisi melakukan pembubaran paksa massa dengan menembakkan gas air mata. Jumlah polisi yang disiagakan semakin banyak setelah masuknya tambahan personel dari empat satuan wilayah seperti Polres Samosir, Pakpak Bharat, Simalungun, dan Karo.

( dtc / CN37 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 12183
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 12897
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 12687
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 14998
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 12265
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER