panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
03 Oktober 2013 | 04:46 wib
KPK Awasi Pilbup Magelang
.

MERTOYUDAN, suaramerdeka.com - Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Magelang pada 27 Oktober 2013 ternyata menarik perhatian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK menyatakan akan mengawal Pilbup sampai proses pelantikan bupati terpilih.

Kepala Biro SDM KPK Apin Aviyan menungkapkan KPK sebenarnya sudah mulai melakukan pengawasan sejak pendaftaran cabup dan cawabup. Pengawasan juga akan dilakukan pada sosialisasi, kampanye, pemilihan 27 Oktober, penghitungan dan proses pelantikan.

"KPK akan kawal dan amati pelaksanaan Pilbup. Ini dilakukan sebegai bentuk pencegahan tindak pidana korupsi. Korupsi ini mulai korupsi waktu, tempat, anggaran dan lainnya. Perangkat desa dan PNS termasuk yang dilarang terlibat kampanye," kata Apin Aviyan.

Disebutkan bahwa dari ratusan Pilkada kabupaten dan kota di Indonesia, KPK memilih delapan pilkada untuk diawasi di mana salah satunya adalah Pilbup Magelang. KPK menyatakan Kabupaten Magelang sengaja dipilih demi mewujudkan Pilkada yang bersih.

"Calonnya harus bersih, mengisi dan menyerahkan LHKPN, serta mengikuti proses kampanye yang jujur. Kami harapkan semua calon tidak melakukan money politic," tegas dia.

Terkait hal ini, KPK menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang menggelar deklarasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Deklarasi ini disaksikan Kapolres AKBP Murbani Budi Pitono, Kasi intel Kejari Mungkid Tri Margono, Ketua Panwaslukab Affifudin, Kepala Kesbangpol dan Linmas Karya Humanita serta anggota PPK se-Kabupaten Magelang.

Keenam paslon juga hadir yakni Susilo-Mujadin Putu Murja (PPP dan PAN), Rohadi Pratoto-Muhamad Achadi (Partai Golkar, PKB, dan PKS), Handoko-Eko Purnomo (jalur perseorangan), Zaenal Arifin-Zaenal Arifin (PDI Perjuangan), Ahmad Majidun-Sad Priyo Putro (Partai Demokrat, PBB, Hanura, dan PPRN), dan Muhammad Arwan-Haiban Hajid (Partai Gerindra dan PKNU).

Keenam paslon satu persatu diminta menandatangani Komitmen Berintegritas kemudian membacakan jumlah harta kekayaan masing-masing. Mereka juga diminta bergandengan tangan untuk mengucapkan janji melakukan kampanye secara bersih serta jika terlibat korupsi dan kolusi akan mengundurkan diri.

Komitmen Berintegritas ini dimaksudkan untuk menjalankan proses tahapan pemilukada secara berintegritas, transparan, dan akuntabel, bersih tanpa politik uang baik langsung atau tidak langsung, serta berperan aktif dalam upaya pemberantasan korupsi dan tidak melakukan korupsi.

Menurut KPK, tugas seorang kepala daerah tidak hanya memimpin jalannya pemerintahan namun juga mencegah tindak pidana korupsi.

Disebutkan ada tiga unsur yang bisa mencegah korupsi. Yakni perilaku berintegritas, kemudian sistem pemerintahan yang baik, serta budaya anti korupsi.

"Budaya anti korupsi ini harus diciptakan. Para kepala daerah harus menjadi contoh. KPK memang tengah membangun tunas-tunas integritas. Tunas integritas ini adalah orang atau unsur yang menjadi penggerak integritas. Kita ingin membangun sistem," tegas Apin.

Namun demikian Apin enggan menyebutkan alasan kenapa KPK memilih untuk mengawasi Pilbup Magelang. Apip juga enggan memberikan keterangan ketika ditanya apakah mereka sudah menemukan adanya tindak pidana korupsi maupun pelanggaran lainnya.

Humas KPK Johan Budi SP menambahkan KPK tengah membangun sistem pencegahan korupsi lewat program "Penguatan Sistem Politik Berintegritas dan Masyarakat PahamIntegritas." Hal ini salah satunya dilakukan dengan mengawal penyelenggaraan sejumlah kepala daerah.

"Kami kerja sama dengan KPU Kabupaten Magelang menggelar deklarasi LHKPN. Kami juga melakukan pembekalan kepada seluruh pasangan calon demi mewujudkan Pemilukada Kabupaten Magelang yang bebas dari korupsi," tegas Johan Budi.

( MH Habib Shaleh / CN33 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga



Panel menu
Berita Terbaru
Index Berita
23 Juli 2014 | 04:30 wib
Dibaca: 13
23 Juli 2014 | 04:19 wib
Dibaca: 52
23 Juli 2014 | 04:08 wib
Dibaca: 62
23 Juli 2014 | 03:57 wib
Dibaca: 124
23 Juli 2014 | 03:46 wib
Dibaca: 110
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER