panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
25 September 2013 | 20:43 wib
Kodam Gelar Jambore Keroncong

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kodam IV/Diponegoro akan gelar Jambore Seribu Lagu Keroncong. Kegiatan itu menurut rencana akan dilangsungkan tiga hari (4-6/10) di Lapangan Parade, Markas Kodam.

Acara tersebut melibatkan tak kurang dari seratus grup keroncong dari berbagai daerah. Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) IV/Diponegoro Kolonel Arh Ramses L Tobing ST saat bertemu dengan para wartawan di ruang kerjanya, Rabu (25/9), mengungkapkan, kegiatan itu merupakan bagian dari perayaan HUT TNI tahun ini.

"Kami sudah menggelar beberapa acara seperti donor darah dan anjangsana ke panti asuhan. Akhir bulan ini, kami juga berencana mengadakan pasar murah. Setelah itu, baru Jambore Seribu Lagu Keroncong digelar," jelasnya.

Dia mengakui, pihaknya memang tengah mengangkat keroncong sebagai salah satu ketahanan bangsa. DI setiap acara Kodam, musik tersebut akan diperdengarkan.

Dia menegaskan, keroncong merupakan salah satu budaya bangsa yang harus dilestarikan. Kapendam tak ingin negara lain melakukan klaim sebagai pemilik musik itu.

Karena itu, pelestarian keroncong merupakan bagian dari upaya untuk menjaga ketahanan bangsa.

"Nanti setiap peserta membawa minimal sepuluh lagu yang berbeda dengan kelompok lain. Dengan begitu akan benar-benar tercipta seribu lagu yang dimainkan di jambore," jelasnya.

Untuk pemilihan lokasi, Kapendam mengatakan semula mempertimbangkan beberapa tempat di dekat kota. Namun, mengingat peserta jambore harus tinggal selama berlangsungnya acara, maka Lapangan Parade akhirnya yang dipilih.

Semua kebutuhan selama kegiatan disediakan oleh panitia, yakni akomodasi (tenda), makan, minum, dan fasilitas mandi. Tak hanya pementasan dari peserta jambore, kegiatan itu juga akan diisi dengan seminar soal keroncong.

Dengan begitu, masyarakat bisa semakin memahami jenis musik tersebut.

( Adhitia A / CN37 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
30 Juli 2014 | 09:35 wib
Dibaca: 145
30 Juli 2014 | 09:18 wib
Dibaca: 154
30 Juli 2014 | 09:00 wib
Dibaca: 139
30 Juli 2014 | 08:50 wib
Dibaca: 188
30 Juli 2014 | 08:39 wib
Dibaca: 146
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER