panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
12 September 2013 | 18:16 wib
Semarang Optimistis Raih Adipura Kencana

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemkot terus berupaya bisa meraih Adipura Kencana, sebuah penghargaan yang diberikan bagi kota-kota yang telah empat kali meraih Adipura. Sudah dua tahun terakhir Semarang meraih penghargaan paling bergengsi di bidang lingkungan hidup.

Tahun ini pemkot optimistis Adipura Kencana bisa mampir ke Kota Semarang. Untuk itu berbagai upaya dilakukan, salah satunya dengan menyusun strategi dan langkah-langkah (road map) menuju target itu.

Baru-baru ini road map disosialisasikan ke Camat, Lurah, pimpinan SKPD serta stakeholder lainnya. Kegiatan yang bertajuk Ekspose Evaluasi Hasil Penilaian P2 Adipura 2013 dan Sosialisasi Persiapan Kota Semarang Menuju Adipura Kencana ini diikuti 274 peserta, terdiri dari unsur Muspida, DPRD, pimpinan SKPD terkait, para Kepala Puskesmas, Kepala Sekolah, Kepala Kelurahan, Kepala Pasar serta pihak yang menjadi garda terdepan dari upaya pencapaian Adipura Kencana.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Semarang Trijoto Sardjoko mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam mewujudkan Kota Semarang menjadi kota yang bersih, sehat, dan nyaman.

"Melalui kegiatan ini dapat diketahui posisi capaian Kota Semarang dalam hal kebersihan, keteduhan, pengendalian pencemaran air dan pengendalian pencemaran udara, serta tingkat partisipasi masyarakat dan dunia usaha. Selain itu diharapkan seluruh pihak dapat memahami kriteria standar konsep Adipura Kencana sebagai cerminan kota bersih dan sehat yang berkelanjutan," ungkap Trijoto.

Sekda Kota Semarang, Adi Tri Hananto, yang membuka acara tersebut mengungkapkan harapan agar expose ini dapat memberi pencerahan dan masukan berarti agar Adipura yang sudah diraih dapat dipertahankan.

Adipura, menurut Sekda, adalah reward sebagai rangsangan bagi pemkab dan pemkot untuk berlomba mewujudkan lingkungan hidup yang bersih, asri, sehat dan indah. Kota Semarang termasuk sebagai salah satu kota metropolitan penerima Adipura dari 30 kota metropolitan di Indonesia. "Program Adipura juga merupakan entry point mencapai Semarang sebagai kota berwawasan lingkungan “Eco City” dengan budaya dan perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat," ungkap Seka Kota Semarang.

Menurut Sekda, dalam penilaian kali ini terdapat perkembangan kriteria dan konsep penilaian yakni adanya poin peran serta masyarakat, estetika kota, warisan budaya serta adanya uji coba metode self assessment oleh masyarakat. Selain itu diterapkan pula sistem penilaian pantau wilayah.

"Hal ini mendorong kesiapsiagaan dan konsistensi program pada seluruh wilayah selain pentingnya sikap kebersamaan, nyengkuyung dan membiasakan hidup bersih sehat dari seluruh elemen warga Kota Semarang," tekan Sekda Kota Semarang.

( Lanang Wibisono / CN31 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 36030
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 37243
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 37715
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 41886
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 36889
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER