panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
07 September 2013 | 15:22 wib
Nasa Luncurkan Misi ke Bulan

VIRGINIA, suaramerdeka.com - Badan luar angkasa Amerika Serikat, Nasa, meluncurkan misi terbarunya ke bulan. Roket tanpa awak LADEE lepas landas dari fasilitas Wallops di Pantai Timur Virginia, AS pada Jumat (6/9), pukul 23:27 waktu setempat.

Misi senilai US$280 juta ini dibuat untuk melakukan investigasi terkait atmosfir tipis yang mengelilingi bulan.

Roket tanpa awak ini juga akan mencoba untuk menyelidiki perilaku aneh debu bulan atau moondust, yang melayang tinggi di atas permukaan pada kesempatan tertentu.

"Semoga berhasil dalam perjalanannya ke bulan, LADEE," kata Launch Control. Pengendali penerbangan bertepuk tangan dan bertukar tos setelah sukses peluncuran. "Kami sedang menuju ke bulan!" NASA mengatakan dalam tweet.

Sebagai tambahan, LADEE akan melakukan tes terhadap sistem komunikasi laser baru yang diharapkan dapat digunakan dalam misi luar angkasa pada masa depan. Laser memiliki kapasitas untuk mengirim data yang lebih canggih dibandingkan koneksi radio konvensional.

Ilmuwan Nasa, Sarah Noble, mengatakan misi ini mungkin akan mengejutkan sebagian orang yang percaya bahwa bulan tidak memiliki lapisan atmosfir.

Bulan dipercaya memiliki lapisan atmosfir, meskipun sangat tipis. "Lapisan itu ada namun sangat tipis. Sangat tipis hingga molekul individual sangat sedikit dan tidak berinteraksi satu sama lain, dan tidak berbenturan," katanya kepada reporter.

Namun dilaporkan Associated Press, pesawat ruang angkasa LADEE mengalami kesulitan peralatan tak lama setelah lepas dari peluncurnya.

NASA, Sabtu pagi meyakinkan bahwa peluncuran roket aman dan pada trek yang sempurna menuju bulan, sementara para pejabat mengakui masalah harus diselesaikan dalam dua sampai tiga minggu mendatang.

S. Peter Worden, Direktur NASA Ames Research Center di California, yang mengembangkan pesawat ruang angkasa, mengatakan kepada wartawan dia yakin semuanya akan bekerja dengan baik dalam beberapa hari ke depan.

Roda reaksi LADEE telah dihidupkan untuk mengarahkan dan menstabilkan pesawat ruang angkasa, yang berputar terlalu cepat setelah dipisahkan dari tahap akhir, kata Worden.

Menurunya, sistem komputer telah secara otomatis menutup roda bawah, yang bergerak sedikit cepat karena kelebihan arus.

( Voice of America , AP, Linda Putri / CN33 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 23663
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 25289
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 24957
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 28250
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 24268
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER