panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
06 September 2013 | 02:30 wib
Rekonstruksi Pembunuhan Gadis di Buper Munjulluhur

PURBALINGGA, suaramerdeka.com - Rekonstruksi (reka ulang) pembunuhan Ari Dwi Restiana alias Ana (19) warga Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet oleh Yogi Prasetyo (23) warga Kelurahan Kalikabong, Kecamatan Kalimanah digelar oleh Satreskrim Polres Purbalingga, Kamis (5/9) pagi.

Reka ulang dilakukan di empat tempat yaitu di persawahan Kelurahan Kalikabong, Pasar Segamas, Bumi Perkemahan Munjulluhur Bojongsari dan di belakang pabrik rambut Kalikabong. Selain menghadirkan pelaku, reka ulang yang dipimpin Kasat Reskrim Polres Purbalingga Ajun Komisaris Sardji, juga menghadirkan penasihat hukum pelaku, Pahotma Butar Butar dan Kasi Pidana Umum Kejaksaan Negeri (Kejari) Purbalingga, Adenallah Harto.

Reka ulang pertama dilakukan di tepi jalan area persawahan Kelurahan Kalikabong, dimana di tempat itu pelaku dijemput oleh korban menggunakan sepeda motor Yamaha Mio warna hijau nopol R 3805 EL setelah sebelumnya mereka janjian dengan cara SMS.

Menurut pelaku, ia dan korban berboncengan lalu pergi ke arah Baturraden, Banyumas. Namun pelaku mampir dahulu ke Pasar Segamas. Pelaku meminta korban untuk menunggu di luar, sedangkan pelaku masuk ke pasar dengan alasan akan menemui temannya. Namun di pasar, pelaku membeli pisau seharga Rp 5.000 yang rencananya digunakan untuk membunuh korban. Pisau tersebut lalu dimasukkan ke dalam tas kecil yang dibawa pelaku.

"Lalu kami ke Baturraden karena Ana ingin ke sana. Sampai di Curug Ceheng (Kecamatan Sumbang, Banyumas) Ana minta balik. Ia minta ke Buper (Munjulluhur). Lalu kami ke Buper," kata pelaku.

Dalam reka ulang di Buper Munjulluhur terungkap, korban dan pelaku sempat duduk-duduk di dekat toilet yang sudah tak terpakai. Pelaku lalu mengajak korban masuk ke toilet tersebut. Korban berjalan di depan diikuti pelaku. Sebelum masuk ke toilet, pelaku mengambil pisau yang ia beli di pasar.

Di dalam toilet, saat korban membalikkan badan, tiba-tiba oleh pelaku ditusuk di bagian perut. Korban pun terjatuh, namun sempat bangkit.

Pelaku lalu mengambil batu yang tergeletak di dekat toilet itu dan memukul bagian telinga kiri korban. Korban pun tergeletak, lalu oleh pelaku korban kembali di tusuk dibagian dada dan leher. Melihat korban masih bergerak, pelaku kembali memukul kepala korban.

Setelah mengetahui korban tewas, tubuh korban dimasukkan ke bak air kecil dengan posisi terlentang dengan kaki dan tangan ditekuk. Pelaku sempat mengambil ponsel merk Mitto milik korban di saku celana korban. Lalu pelaku menutup tubuh korban menggunakan sampah daun.

Korban lalu ditinggal, pelaku membawa tas dan sepeda motor korban. Pelaku lalu pergi ke belakang pabrik bulu mata dan membuang tas miliki korban ke jembatan di bawah jembatan. 

Sebelumnya, pelaku sempat mengambil uang Rp 15 ribu di dompet korban. Pelaku lalu pulang ke rumah.

Kasat Reskrim Ajun Komisaris Sardji didampingi Kanit 1 Inspektur Satu Andri Ilyas mengatakan rekonstruksi tersebut digelar untuk melengkapi berkas penyidikan polisi terhadap kasus pembunuhan tersebut.

"Selain itu dari Kejaksaan juga ikut, sehingga jaksa bisa memastikan dakwaan yang akan didakwa pada pelaku nanti. Secepatnya kasus ini segera kami limpahkan ke Kejaksaan," katanya.

Reka ulang yang dimulai sekitar pukul 06.30 Wib berlangsung kurang lebih satu jam. Reka ulang itu menjadi tontonan warga terutama di Pasar Segamas dan Buper Munjulluhur yang penasaran.

Seperti diketahui, korban ditemukan tewas membusuk di toilet Buper Munjulluhur, Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, Senin (26/8). Setelah melakukan penyelidikan, polisi akhirnya menangkap pelaku yang tak lain teman dekat korban. Pelaku ditangkap di rumah kerabatnya di Tangerang, Banten, Rabu (28/8).

( Ryan Rachman / CN38 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
26 Juli 2014 | 03:36 wib
Dibaca: 51
26 Juli 2014 | 03:21 wib
Dibaca: 90
26 Juli 2014 | 03:07 wib
Dibaca: 117
26 Juli 2014 | 02:53 wib
Dibaca: 79
26 Juli 2014 | 02:39 wib
Dibaca: 117
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER