panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
31 Agustus 2013 | 01:21 wib
Disnakertrans Kota Semarang Kebanjiran Permohonan Surat Kuning

SEMARANG, suaramerdeka.com - Informasi rencana pemerintah yang akan menggelar rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada pertengahan September 2013 ini, meningkatkan permintaan pembuatan kartu kuning atau surat kuning (AK-1) di Kota Semarang. Jumlah permohonan pembuatan kartu tanda pencari kerja tersebut mencapai 300 orang/hari.

"Meningkat cukup banyak, rata-rata 300 orang/hari dari sebelumnya pembuat hanya sekitar 25 sampai 30 orang," kata Gunawan Saptogiri, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Semarang.

Dia mengatakan, informasi penerimaan CPNS meningkatkan permohonan pembuatan kartu tanda pencari kerja secara signifikan. Hal ini menunjukkan jika pekerjaan menjadi abdi negara masih jadi prioritas masyarakat. Kebanyakan masyarakat masih menilai bahwa bekerja sebagai PNS di instansi pemerintahan lebih menjamin masa depan. Terlebih seperti dianak emaskan dengan beberapa kali naik gajinya.

Membludaknya pembuat kartu kuning ini membuat petugas yang berjaga di sembilan loket pelayanan di dinas tenaga kerja harus beroperasi penuh. Gunawan mengatakan, setiap hari kerja loket pelayanan harus buka dari pukul 08.00-15.15 WIB demi melayani pencari kerja.

"Itu pun tidak semua pengantre kartu pencari kerja terlayani sehingga harus datang hari berikutnya," katanya.

Menurut Gunawan, pelayanan juga sempat terkendala karena terjadi permasalahan pada server komputer yang memang sudah berumur. Jumat (30/8) kemarin misalnya, akibat permasalahan pada komputer pembuatan kartu kuning tidak bisa terlayani maksimal, bahkan hanya sampai pukul 08.00 WIB. Saat ini server komputer tersebut sedang diperbaiki sekaligus mengganti lima komputer lama dengan komputer baru.

"Pada Senin (2/9) server komputer kami jamin sudah baik. Pencari surat kuning yang mengantre hari ini (kemarin, red) akan kami dahulukan sampai target bisa melayani 400 orang meskipun harus bekerja sampai sore," papar Gunawan.

Dia mengimbau masyarakat yang sudah memiliki kartu kuning lebih dari enam bulan dan masa berlakunya selama dua tahun belum habis segera melakukan absen di dinas tenaga kerja. Pasalnya jika sudah memiliki kartu kuning namun selama enam bulan tidak pernah absen maka datanya akan dihapus.

"Jadi kartu kuning masa berlakunya dua tahun dengan kewajiban setiap enam bulan sekali absen. Kalau tidak harus membuat lagi," paparnya.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Semarang, Bambang Kono menyatakan, belum ada kepastian penjelasan dari pemerintah pusat soal kapan digelarnya perekrutan CPNS tahun 2013. Informasinya moratirum perekrutan CPNS memang sudah dicabut dan tahun ini akan dilakukan perekrutan CPNS.

"Namun di Jawa Tengah hanya di 11 kabupaten/kota termasuk Kota Semarang, itu pun belum pasti kapan," tandasnya.

( Lanang Wibisono / CN39 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 12235
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 12949
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 12742
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 15060
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 12319
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER