panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
10 Juli 2013 | 22:13 wib
Menjelang Lebaran, Angkutan Barang Dibatasi

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah akan membatasi arus angkutan barang menjelang hari raya Lebaran atau H-7. Jalan raya diprioritaskan untuk pemudik, angkutan bahan makanan pokok, air minum kemasan, dan tangki penyalur BBM Pertamina.

Hal itu diungkapkan Menko Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Rabu (10/7).

"Untuk angkutan barang akan terjadi peningkatan, sehingga akan menimbulkan antrean panjang, dan khusus di pelabuhan kendaraan angkutan yang harus didahulukan adalah angkutan bahan pokok," katanya.

Dia menambahkan truk pengangkut air minum kemasan juga boleh melintas karena sudah masuk dalam kebutuhan pokok juga. Menteri Perhubungan EE Mangindaan menambahkan khusus untuk angkutan barang kebutuhan pokok dan air minum dalam kemasan, yang boleh masuk tidak boleh dari dua sumbu.

"Boleh masuk tapi tidak boleh lebih dari dua sumbu, karena jika lebih dari dua sumbu jalannya lambat sekali, akan menambah kemacetan di jalan nanti, dan aturan ini mulai berlaku H-7 lebaran," jelasnya.

Terkait arus mudik Lebaran, Mangindaan menyatakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menganggarkan Rp 25 miliar untuk program mengangkut kendaraan roda dua dan para pemudik Lebaran.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir tingkat kecelakaan di jalan saat arus mudik. Menurutnya, kenaikan volume kendaraan pada saat mudik setiap tahunnya mencapai 6 persen.

Dia menilai risiko kecelakaan pun semakin besar, khususnya untuk pengguna sepeda motor. Karena itu, Kemenhub menargetkan sekitar 35 ribu sepeda motor bisa diangkut oleh kereta api, kapal laut, juga truk-truk secara gratis, sedangkan pemudiknya akan diberangkatkan menggunakan bus.

"Sepeda motor kami berusaha akan naikkan di kapal, di Kereta Api, dan truk, semuanya penumpang naik bus. Semua gratis. Sementara untuk 30-35 ribu sepeda motor bisa kita angkut, orangnya naik bus. Semua gratis," katanya.

( Kartika Runiasari / CN37 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
30 Juli 2014 | 11:59 wib
Dibaca: 49
30 Juli 2014 | 11:45 wib
Dibaca: 75
30 Juli 2014 | 11:30 wib
Dibaca: 162
30 Juli 2014 | 11:13 wib
Dibaca: 152
image
30 Juli 2014 | 10:58 wib
Dibaca: 167
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER