panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
08 Juli 2013 | 18:53 wib
Terkait Kasus Tukar Guling Tanah, KPK Telah Lakukan Pemeriksaan

TEGAL, suaramerdeka.com - Wali Kota Tegal H Ikmal Jaya SE Ak mengakui terkait persoalan tukar guling tanah eks bengkok milik Pemkot dengan tanah Bokong Semar milik pihak ketiga, sudah dilakukan pemeriksaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) maupun Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng.

"Hasilnya tidak ditemukan adanya pelanggaran hukum maupun kerugian negara, sehingga penyelidikan dihentikan," ujar Ikmal Jaya ketika ditemui usai mengikuti rapat paripurna di DPRD, Senin (8/7).

Menurut dia, terkait persoalan tersebut pihaknya meminta untuk tidak dipolitisasi, tapi diserahkan kepada aparat hukum. Sedangkan, untuk proses tukar guling tanah sudah selesai. Pembuatan sertifikat, baik untuk tanah eks bengkok milik Pemkot maupun tanah Bokong Semar milik pihak ketiga sudah selesai.

"Saya siap memberikan penjelasan kepada DPRD. Dan persoalan ini tidak ada yang ditutup-tutupi," katanya.

Wali Kota menjelaskan, tentang adanya selisih nilai sebesar Rp 1,3 miliar sudah masuk ke kas daerah. Adanya perbedaan persepsi dari DPRD tentang perlu atau tidaknya persetujuan ke DPRD karena saat Pemkot berkonsultasi ke Kemendagri belum dilengkapi secara tertulis.

"Setelah ada bukti secara tertulis sudah tidak ada masalah. Untuk proses tukar guling juga sudah sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku. Pemkot telah mendapatkan fatwa hukum tidak perlu meminta persetujuan DPRD," katanya.

Dia menambahkan, tentang adanya kalimat mempertanggung jawabkan ke DPRD dalam LHP BPK, sebenarnya hal itu tidak hanya menyangkut masalah tukar guling tanah eks bengkok dengan tanah Bokong Semar. Namun, juga  mencakup secara keseluruhan masalah aset serta terhadap pelaksanaan LPP APBD Tahun 2012. 
 
Sementara itu, Anggota Fraksi PAN Peduli Rakyat, Harun Abdi Manaf SH meminta BPK untuk melakukan penyelidikan secara khusus dengan tujuan tertentu guna memperjelas persoalan tersebut. Dengan demikian, bisa diketahui ada tidaknya kerugian negara dalam proses tukar guling tanah eks bengkok milik Pemkot dengan tanah Bokong Semar yang rencananya untuk pembangunan tempat pembuangan akhir (TPA).

"Apabila sudah ada kejelasan tidak ada pro dan kontra di internal DPRD, Pemkot maupun masyarakat," ujarnya.

( Wawan Hudiyanto / CN38 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 35963
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 37171
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 37644
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 41801
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 36814
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER