panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
05 Juli 2013 | 07:22 wib
Kewenangan Penyidikan Kejaksaan Dipertimbangkan Dihapus

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kewenangan penyidikan yang selama ini juga dimiliki kejaksaan, dipertimbangkan untuk dihapus. Panja (Panitia Kerja) RUU Kejaksaan DPR RI berharap, ke depannya, Korps Adhyaksa ini memfokuskan diri dalam upaya penuntutan atau sering pula disebut sebagai penuntut tunggal.

"Kami ingin tegas polisi melakukan penyelidikan dan penyidikan sedangkan kejaksaan fokus pada penuntutan atau disebut sebagai penuntut tunggal. Ini perlu dilakukan supaya ranahnya menjadi clear, kejaksaan punya tupoksi yang clear," kata anggota Panja Buchori Yusuf dalam rapat pembahasan RUU Kejaksaan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, kemarin.

Di sisi lain, anggota Panja dari FPD Harry Witjaksono justru meminta DIM (Daftar Inventarisasi Masalah) 119 pasal 30 ayat d tentang tugas dan wewenang kejaksaan dihapus. "Kita tegas saja hapus ayat d ini. Kita minta kejaksaan fokus menjadi lembaga penuntutan-ansih," tandasnya.

Pasal 30 ayat d tersebut berbunyi kejaksaan dapat melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap tindak pidana tertentu berdasarkan undang-undang.

Sementara itu Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kemenkumham Wahidudin Adam menjelaskan aturan tentang kewenangan penyidikan jaksa ini juga terdapat pada PP no.27/1983 pasal 17 yang menyebut selain penyidik polisi ada penyidik lain yaitu jaksa perwira TNI, PPNS. Disamping itu ada catatan judicial review yang meminta pencabutan kewenangan penyidikan jaksa ditolak majelis hakim MK.

"Ada guide line dari badan dunia PBB tentang penuntut umum yang masih memberi ruang untuk melakukan penyidikan," paparnya.

Pimpinan sidang Aziz Syamsudin memutuskan untuk menunda pengambilan putusan tentang kewenangan kejaksaan ini. Menurutnya apabila memang disepakati, DIM 119 akan ditarik tetapi prosesnya tidak dapat dilakuan dalam rapat panja.

( Andika Primasiwi , RED / CN26 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
28 Agustus 2014 | 22:11 wib
Dibaca: 128
28 Agustus 2014 | 21:58 wib
Dibaca: 174
28 Agustus 2014 | 21:45 wib
Dibaca: 249
28 Agustus 2014 | 21:31 wib
Dibaca: 306
28 Agustus 2014 | 21:19 wib
Dibaca: 303
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER