panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
04 Juli 2013 | 04:40 wib
KPK Gelar Rekonstruksi Kasus Suap Hakim ST
image

REKONSTRUKSI: KPK saat menggelar rekontruksi kasus dugaan suap hakim Setiabudi Tedjo Tjahjono. (suaramerdeka.com / Setiady Dwi)

BANDUNG, suaramerdeka.com - KPK menggelar rekontruksi kasus dugaan suap hakim Setiabudi Tedjo Tjahjono yang menyeret sejumlah pejabat Pemkot Bandung pada Rabu (3/7) kemarin. Lembaga antirasuah itu menjadwalkan gelar kegiatan tersebut selama tiga hari di sejumlah tempat.

Rekonstruksi diawali di Kantor Pengadilan Negeri Bandung pada pagi hari, yang merupakan lokasi operasi tangkap tangan KPK terhadap Hakim ST, Maret lalu.   Dalam kaitan itu, Hakim Setiabudi untuk kali pertama menyambangi lagi kantornya sebelum dicokok. Dia datang ke Kantor PN bersama tiga tersangka lainnya. Lebih dari sepuluh penyidik KPK berada dalam rombongan tersebut.

Mereka adalah tokoh ormas Toto Hutagalung, yang disebut-sebut dekat dengan Wali Kota Bandung Dada Rosada yang juga sudah menjadi tersangka, Plt Kadinas Pendapatan Herry Nurhayat, dan kurir Asep Triana. Dari empat tersangka, hanya tiga orang yang melakukan rekontruksi di lokasi yakni minus Herry. Materi rekonstruksi mencakup proses penyerahan uang Rp 150 juta dari Asep ke ST.

Petugas menggelarnya sejak pelataran halaman PN hingga ruang Wakil Ketua PN yang ketika itu dijabat Setiabudi. Rekonstruksi itu berlangsung sekitar 1,5 jam. Adegan per adegan relatif sulit diakses karena ruangan steril dari media. Berdasarkan pantauan, hakim senior itu juga sempat memperagakan adegan di ruang wakil panitera.

Menurut Jubir PN, Joko Indiarto yang mendampingi, pernah ada pertemuan antara Setiobudi dengan Toto. Menurut kuasa hukum Setiobudi, Joko Sriwidodo, rekonstruksi memang lebih banyak di ruangan kerja kliennya. "Di ruangan Pak Setiobudi, semuanya ada 17 adegan," tandasnya saat akan memasuki mobil menuju ke tempat lain.

Joko pun menyebut jumlah yang sama. "Itu mencakup pertemuan, penyerahan uang, uang ditaruh di mana, uang disimpan di mana, sampai penangkapan yang bersangkutan dan dibawa KPK," jelasnya.

Selain di PN, petugas KPK menjadwalkan pula rekonstruksi itu di sejumlah tempat seperti di sejumlah cafe, rumah Toto, dan kediaman Walikota. Proses itu akan melengkapi berkas sebelum dilimpahkan menuju proses persidangan.

( Setiady Dwi / CN26 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
22 Agustus 2014 | 09:00 wib
Dibaca: 377
22 Agustus 2014 | 08:50 wib
Dibaca: 320
22 Agustus 2014 | 08:40 wib
Dibaca: 337
22 Agustus 2014 | 08:30 wib
Dibaca: 368
22 Agustus 2014 | 08:20 wib
Dibaca: 279
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
12 Agustus 2014 | 16:20 wib
14 Agustus 2014 | 15:50 wib
19 Agustus 2014 | 21:05 wib
15 Agustus 2014 | 15:18 wib
FOOTER