panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
22 Juni 2013 | 12:46 wib
Ketahanan Pangan, Isu Penting Dunia


MEDAN, suaramerdeka.com
— Ketahanan pangan menjadi isu strategis yang menjadi perhatian setiap negara di dunia. Jika tidak ditangani dari sekarang, ketahanan pangan berpotensi menjadi akar dari konflik antarbangsa ke depan.

Hal itu dikemukakan Menteri Pertanian RI Suswono saat membuka Policy Partnership on Food Security (PPFS) Farmers Day’s and Exhibition di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (22/6).

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan Third APEC Senior Official’s Meeting (SOM) and Related Meeting yang akan berlangsung mulai 22 Juni-6 Juli 2013 di Medan. Kegiatan ini dihadiri perwakilan dari sejumlah negara anggota APEC, yakni Selandia Baru, Jepang, Amerika Serikat, dan Rusia.

Dalam kegiatan ini akan dibahas tiga isu penting seputar ketahanan pangan. Yakni, pembangunan sektor pertanian dan perikanan berkelanjutan, fasilitasi pengembangan investasi dan infrastruktur, serta peningkatan perdagangan dan penguatan pasar.

Mentan mengemukakan, isu pertama menunjukkan kesadaran pembangunan saat ini bukan hanya untuk kita saat ini, tetapi  juga untuk generasi penerus.

Sementara, penting pula dibahas upaya peningkatan produktivitas dan efisiensi yang selama ini telah terabaikan.

Kemudian isu peningkatan perdagangan dan penguatan pasar secara implisit menunjukkan kesadaran akan pentingnya peranan perdagangan dan pasar.

"Tidak hanya dalam menstabilkan pasokan dan harga pangan, tetapi juga dalam hal distribusi hasil-hasil perdagangan dengan cara yang lebih merata, yang akan meningkatkan pendapatan petani kecil dan keluarga miskin," katanya.

Mentan menambahkan, dalam pleno PPFS yang kedua ini akan dibahas Road Map PPFS Toward 2020. Akan pula didiskusikan pesan-pesan kepada para pimpinan negara untuk Leaders’ Statement pada Konperensi Tingkat Tinggi APEC bulan Oktober 2013 di Bali.

Menurut Mentan, Road Map PPFS Toward 2020 penting sebagai penunjuk arah dalam mencapai tujuan ketahanan pangan yang ingin dicapai.

Pesan yang akan dicantumkan dalam APEC Leaders’ Statement nantinya akan menjadi dasar bagi pengambil kebijakan serta pemangku kepentingan dari negara-negara APEC dalam mencapai ketahanan pangan berkelanjutan di kawasan ini. 

( RED , Linda Putri / CN33 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 12619
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 13363
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 13144
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 15506
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 12718
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER