panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
07 Juni 2013 | 05:28 wib
Sekolah Swasta Klaten Desak Ada Pemberdayaan

KLATEN, suaramerdeka.com - Dunia pendidikan di Kabupaten Klaten dihadapkan tiga masalah besar. Di antaranya angka partisipasi kasar (APK) dan angka partisipasi murni (APM) rendah, daya tampung  tidak sesuai kebutuhan dan persebaran tidak merata. Sekolah swasta mendesak agar ada pemberdayaan demi tercapainya visi dan misi pembangunan bidang pendidikan Kabupaten Klaten.

Ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kabupaten Klaten, Drs H. Suhud Eko Yuwono, M.Hum mengatakan jika masalah itu dijawab dengan kebijakan "negeri oriented" hanya menyebabkan biaya operasional dan sosial mahal.

Tantangan itu tidak cukup dijawab dengan mengembangkan, meningkatkan daya tampung dan pendirian sekolah negeri. ''Jawaban itu tidak bijaksana dan kurang berkeadilan karena ada alternatif yang lebih baik, murah, menguntungkan dan bertanggungjawab,'' katanya, Kamis (6/6).

Caranya dengan pemberdayaan sekolah swasta. Pemberdayaan bisa dilakukan dengan bantuan perbaikan gedung, pemberian insentif guru swasta, pelatihan peningkatan kualitas guru, dan distribusi peserta didik yang proporsional. Langkah ini menurutnya akan lebih efektif, efisien dan memiliki implikasi luas di masyarakat.

Ada beberapa alasan mengapa sekolah swasta harus diberdayakan. Misalnya, ironi APK rendah di banyak kecamatan tetapi sekolah swasta tidak memiliki siswa cukup untuk menjalankan operasional. Kondisi tersebut kadang diasumsikan karena sekolah swasta tidak bermutu.

Asumsi itu, kata Suhud, terlalu berlebihan. Jikapun benar, maka pemberdayaan oleh pemerintah terhadap sekolah swasta perlu segera dilakukan. Bukan dengan menambah sekolah baru atau memperbesar rombongan belajar di sekolah negeri yang sudah ada.

Dominasi sekolah negeri  bisa berakibat matinya partisipasi masyarakat. ''Dalam berbagai hal sekolah negeri bukan segalanya dan banyak yang bisa ditawarkan swasta,'' ungkapnya.

( Achmad Hussain / CN26 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 25579
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 27242
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 26941
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 30381
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 26191
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER