panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
29 Mei 2013 | 18:12 wib
Jateng Jadi Percontohan Branchless Banking


SEMARANG, suaramerdeka.com -
Jawa Tengah (Jateng) menjadi salah satu daerah percontohan penerapan layanan branchless banking atau bank tanpa kantor. Program ini diharapkan dapat menjadi fondasi dalam proses perluasan akses khususnya bagi masyarakat pedesaan yang kesulitan dalam hal infrastruktur perbankan.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah V Jateng dan DIY, Joni Swastanto mengatakan, branchless banking akan dilakukan di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan. Adapun lima bank yang mengikuti program itu yakni Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BTPN, Bank CIMB Niaga, dan Bank Sinar Harapan Bali.

"Dalam program ini tiga perusahaan telekomunikasi juga ikut yakni Telkomsel, XL, dan Indosat. Mereka akan melayani nasabah tanpa pulsa. Bersatunya tiga provider telekomunikasi ini pertama kalinya di dunia. Layanan ini sangat istimewa karena menyentuh masyarakat di pelosok daerah," katanya, Rabu (29/5).

Pemberian layanan branchless banking sendiri tidak dilakukan melalui kantor fisik bank atau perusahaan telekomunikasi, namun dengan menggunakan sarana teknologi dan jasa pihak ketiga yang disebut Unit Perantara Layanan Keuangan (UPLK) dan juga melalui Tempat Penguangan Tunai (TPT).

Program ini mendukung financial inclusion (keterjangkauan masyarakat atas layanan keuangan) yang dicanangkan Bank Indonesia (BI) dalam mengenalkan produk dan layanan perbankan secara luas kepada masyarakat. Sehingga masyarakat yang belum memiliki akses perbankan karena tidak memiliki rekening bank serta belum tersentuh layanan keuangan seperti menabung, transfer, dan kredit.

"Nantinya nomor ponsel bisa menjadi nomor rekening. Jadi untuk melakukan transaksi tidak perlu ke kantor, tetapi bisa saja kerja sama dengan toko kelontong atau rukun tetangga (RT)," jelasnya.

Melalui rekening ponsel, baik nasabah maupun masyarakat yang belum menjadi nasabah bank bisa melakukan transfer dana gratis ke seluruh nomor ponsel di Indonesia, membeli pulsa ponsel berbayar, pembayaran tagihan, bahkan menarik tunai tanpa menggunakan kartu ATM.

Rekening ponsel telah dirancang khusus untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya. Tidak perlu dikhawatirkan lagi soal keamanan. Penerima dana dapat menarik tunai hanya dengan mendaftarkan nomor ponselnya sekali saja.

"Meski sekarang program ini sudah berlangsung, namun peraturan tentang branchless banking sedang digodok terutama terkait manajemen risiko perbankan. Karena penyerahan dana program ini bisa terkait dengan pencucian uang," ujarnya.

( Fani Ayudea / CN31 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 219945
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 237172
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 238156
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 257859
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 239209
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER