panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
21 Mei 2013 | 05:20 wib
Waspadai Calon Ketua NU Jatim Titipan Penguasa


SURABAYA, suaramerdeka.com
- Dalam rangka konferensi wilayah Nahdlatul Ulama (Konferwil NU) Jawa Timur yang dilaksanakan pada 31 Mei-3 Juni 2013 di Ponpes Bumi Shalawat Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, bursa calon ketua NU Jatim banyak bermunculan. Namun NU Jatim mewaspadai calon karbitan dan titipan penguasa.

PWNU Jatim sangat menghindari intervensi dari pihak luar, apalagi menghadapai calon titipan dari penguasa. Untuk itu, NU Jatim berupaya secara keras agar konferwil berjalan dengan baik. Upaya yang sudah dilakukan NU Jatim agar tidak terjadi calon titipan dari luar, NU berupaya menggunakan metode pemilihan dengan konsep "ahlul halli wal ‘aqdi" (AHWA). Syarat untuk menjadi ketua NU Jatim sesuai AD/ART akan diperketat serta calon yang tiba-tiba muncul terus diwaspadai.

Pers rilis NU Jatim, Senin (20/5) menyebutkan, NU meski waspada dengan rekam jejak calon ketua NU Jatim ke depan, tantangan NU kedepan  berat, kebutuhan strategis NU dewasa ini pun semakin berkembang. NU  telah  tumbuh  menjadi  satu  organisasi  massa  besar, terutama di Jatim merupakan basis NU terkuat.

"Meskipun tingkat kohesi kultural di antara warga tinggi, kita tidak dapat mengingkari kenyataan, betapa lamban proses pengembangan tata organisasinya.   Di hampir semua tingkat kepengurusan dan realisasi program masih terlihat kelemahan manajemen sebagai problem serius. Menyongsong tugas-tugas berat   di massa datang, persoalan pembinaan tata organisasi ini perlu segera ditangani," demikian isi pers rilis NU Jatim, kemarin.

NU perlu sosok ketua yang peduli, terpercaya, berjiwa muda dan cepat, dan yang tebaik. Seperti yang biasa dikatakan warga NU yakni bener(Bener atau benar sudah pasti orangnya bisa dipercaya, jujur dalam menjalankan organisasi), pinter (pinter atau pandai sudah pasti orangnya sangat berpengalaman dalam organisasi NU, paham manajemen organisasi sehingga NU dipastikan ditangan orang yang pas), kober(kober atau ada waktu untuk organisasi sehingga NU tidak hanya sebagai pijakan, sambian atau numpang hidup di NU tetapi memang harus meluangkan waktu yang banyak buat NU), teger (teger atau tegar dalam menghadapi tantangan kedepan baik tekanan penguasa atau pengusaha yang jelas akan menghancurkan NU).

Bursa calon ketua yang selama ini muncul dari berbagai sumber adalah Prof DR Ali Azis (IAIN Sunan Ampel), Prof Dr Ridwan Nasir (mantan rektor IAIN Sunan Ampel) Prof Dr Kacung Maridjan (Unair Surabaya), Prof Dr Ali Haidar (Unsuri Surabaya), Dr KH Husnul Khuluq (ketua PCNU Gresik), Dr KH Abdurrahman Syamsul Arifin/Gus Aab (Ketua PCNU Jember), dan  KH Abdurrahman Usman (Mantan Ketua PCNU Jombang).
 
Sedangkan yang banyak dibicarakan di kalangan NU Jatim dari PWNU Jatim adalah KH Mutawakkil Alallah (Ketua PWNU) adalah Pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo kiprahnya terlihat mencolok di NU Jatim sejak menjadi ketua PWNU Jatim periode 2008-2013. Ada nama lain, H Masyhudi Muchtar (Sekretaris PWNU Jatim saat ini) kiprahnya memang sudah lama di NU Jatim, mulai menjadi Ketua IPNU Jatim dua periode, Direktur Lakpesdam, Ketua LDNU, Sekretaris Ansor, Wakil Ketua berbagai periode kepemimpinan, dan Sekretaris NU Jatim. Kemudian ada nama lain adalah H Kikin Abdul Hakim (bendahara PWNU Jatim saat ini) adalah merupakan sosok pengusaha mapan yang mempunyai kemampuan ekonomi cukup untuk mengembangkan perekonomian NU ke depan.

"Nama Kikin Abdul Hakim jarang muncul di publik NU karena memang selalu di balik layar dalam membantu NU selama ini. Loyalitas kepada NU tidak diragukan lagi karena dia adalah salah satu cucu dari pendiri NU KH Hasyim Asy’ari. Sehingga banyak kiai juga menginginkannya menjadi ketua PWNU Jatim," kata Norhadi, Humas NU Jatim.

( Ainur Rohim / CN34 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
16 April 2014 | 23:28 wib
Dibaca: 202
16 April 2014 | 23:13 wib
Dibaca: 395
16 April 2014 | 22:58 wib
Dibaca: 351
16 April 2014 | 22:43 wib
Dibaca: 442
16 April 2014 | 22:28 wib
Dibaca: 402
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
13 April 2014 | 16:56 wib
07 April 2014 | 21:40 wib
12 April 2014 | 17:55 wib
02 April 2014 | 00:53 wib
FOOTER