panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
17 Mei 2013 | 17:17 wib
Masyarakat Harus Aktif Lapor soal E-KTP

JAKARTA, suaramerdeka.com - Masih adanya kesalahan baik itu cetakan di fisik E-KTP, maupun penyesuaian akibat adanya perubahan data, bisa segera diselesaikan bila masyarakat pro aktif melaporkan kesalahan-kesalahan tersebut. 

"Kami himbau agar masyarakat yang E-KTP-nya ada kesalahan cetak, atau cetakan buram di fisik E-KTP, juga ada perubahan yang perlu dilakukan segera melapor ke unit pelayanan terdepan di Kecamatan," kata Staf Ahli Mendagri bidang Hukum, Politik dàn Hubungan antar Lembaga yang merangkap Kapuspen Juru Bicara Kemendagri Reydonnyzar Moenek menjawab suaramerdeka.com, Jumat (17/5) sore ini.

Menurut pria yang akrab dipanggil Donny tersebut, perubahan data di E-KTP sangat mungkin terjadi, karena bisa saja pada saat perekaman data seorang masih mahasiswa, dan saat dibagikan sudah sarjana. Begitu pula yang semula lajang, lalu pada saat menerima sudah berstatus menikah.

"Begitu pula ada yang saat dibagikan ternyata sudah meninggal. Jadi segeralah memperbaiki. Namun jangan sampai saat melapor tidak menyertakan bukti-bukti resmi. Perubahan memang kita perketat syaratnya, kalau memang sarjana ya tunjukkan bukti resminya, agar perubahan tidak menjadi pintu masuk untuk melakukan pemalsuan," kata Donny.

Dia menegaskan bahwa pada prinsipnya Kemendagri siap mengganti bila ada kerusakan di E-KTP, dan meminta masyarakat bersabar bila belum menerima serta aktif menanyakan ke kelurahan terkait soal itu. Begitu pula soal fotocopy tidak perlu diperpanjang lagi, karena pada prinsipnya tidak masalah. Namun tetap perlu kehati-hatian demi terjaganya data penting di dalam E-KTP.

Juga agar terjadi perubahan perilaku di masyarakat dalam memperlakukan E-KTP yang berteknologi tinggi serta memudahkan urusan bila sudah tersedia card reader di unit-unit pelayanan publik, sehingga tak perlu repot-repot lagi harus memfotokopi E-KTP.

( Hartono Harimurti / CN38 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 35131
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 36367
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 36738
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 40848
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 35923
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER