panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
09 Mei 2013 | 10:56 wib
PMI Jateng Bangun Gudang Pelayanan Baru

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tepat pada 8 Mei, Hari Palang Merah Sedunia diperingati untuk yang ke-150 tahun. Peringatan ini mengingatkan kembali sejarah terbentuknya Palang Merah yang diprakarsai Henry Dunant dan perjalanan aksi kemanusiaan selama 150 tahun. Berawal dari rasa empati Henry Dunant sebagai seorang pengusaha terhadap para korban perang di Solferino Italia di tahun 1859. Pengalaman Henry Dunant diwujudkan dengan membentuk sebuah organisasi yang mengurusi korban perang dan bencana.

Bertepatan dengan peringatan ini, PMI Provinsi Jawa Tengah melaksanakan peletakan Batu Pertama Pembangunan Gudang Pelayanan Bencana Regional Jawa Bagian Tengah di komplek Pusdiklat PMI Jawa Tengah, Jl. Arumsari, Sambiroto, Semarang. Peletakan batu pertama oleh Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Pusat Letjend (purn) Soemarsono SH didampingi Ketua PMI Jawa Tengah H. Sasongko Tedjo, SE, MM.

Letjend (purn) Soemarsono mengatakan, Indonesia merupakan negara rawan bencana. Karena itu PMI harus mempersiapkan diri untuk menangani yang mungkin terjadi, termasuk dengan menyiapkan logistik, alat transportasi dan sukarelawan. Di gudang itu, nantinya juga akan ditempatkan peralatan seperti haglund, truk tangki air, helipad, dan fasilitas lain. "Kami berharap, dengan gudang tersebut bantuan dapat disalurkan, setidak-tidaknya enam jam setelah bencana," kata dia.

H. Sasongko Tedjo, SE,MM, Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah mengatakan pembangunan gudang ini direncanakan 2 (dua) lantai yang nantinya berfungsi sebagai gudang relief (bantuan) bencana dan ruang administrasi PMI Jawa Tengah. “PMI mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang memberikan dukungan penuh pembangunan gudang ini,” ungkapnya.

Kelak, gudang tersebut tidak hanya berfungsi pada saat bencana, tetapi juga pada masa- masa aman. Lokasi pusdiklat di Sambiroto, beserta gudang logistik tersebut dapat dijadikan objek tour bagi siswa sekolah dasar. Di kawasan tersebut mereka dapat belajar tentang kebencanaan dan langsung melihat berbagai peralatan yang ada.

Ketua Panitia Pembangunan Gudang, dr.H. Imam Triyanto, MPH, menjelaskan bahwa Peletakan batu pertama ini bertepatan dengan peringatan HUT Palang Merah Sedunia yang ke 150 tahun yang merupakan momentum bersejarah bagi palang merah di dunia internasional dan PMI Jawa Tengah ingin mengukir sejarah juga sebagai awal pembangunan gudang pelayanan bencana ini.

“Pembangunan Gudang Pusat Pelayanan Bencana Regional Jawa Bagian Tengah yang nantinya meliputi Jawa Tengah, DIY, Sebagian Jawa Timur, Sebagian Jawa Barat, dan Sebagian Kalimatan. Anggaran pembangunan ini sebesar Rp. 2.501.267.000,- berasal dari dana hibah Pemprov Jawa Tengah.” terangnya.

( Rifki / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
02 September 2014 | 06:50 wib
Dibaca: 4
02 September 2014 | 06:38 wib
Dibaca: 97
02 September 2014 | 06:25 wib
Dibaca: 122
02 September 2014 | 06:12 wib
Dibaca: 143
image
02 September 2014 | 05:59 wib
Dibaca: 287
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER