panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
09 Mei 2013 | 10:47 wib
Banyak Berkas Bakal Caleg Blora Tidak Lengkap

 

BLORA, suaramerdeka.com - Banyak berkas administrasi pendaftaran bakal calon legislatif DPRD Blora yang dinyatakan tidak lengkap (TMS) oleh KPU Blora. Diduga TMS itu terjadi karena bakal caleg tidak menggarap sendiri berkas administrasi pendaftaran. Mereka menyerahkan pengurusan bahkan pembuatan persyaratan yang diperlukan untuk mendaftar kepada petugas yang ada di sekretariat partai politik (parpol) masing-masing, ataupun menyerahkannya pada orang lain yang ditunjuk.

''Kami menemukan adanya beberapa daftar riwayat hidup yang kurang lengkap. Mosok sih nama istri dan anak tidak disebutkan. Disebutkan juga pendidikan terakhir misalnya S-1, namun runtutan pendidikan sebelumnya tidak tercantum, bahkan S-1 di perguruan tinggi mana tidak disebutkan. Kalau yang bersangkutan membuat sendiri daftar riwayat hidupnya itu, tidak mungkin lah item-item tersebut dikosongi,'' ujar Siti Ruhayatin, salah seorang anggota KPU Blora.  

Dugaan tidak digarapnya sendiri berkas pendaftaran bakal caleg  menguat dengan bukti adanya copi paste dalam berkas yang dilampirkan di pendaftaran. Misalnya masih tertera daerah pemilihan (dapel) yang berbeda dengan berkas lainnya. Jika bakal caleg itu menggarap sendiri berkas pendaftaran tersebut, kecil kemungkinan kesalahan itu terjadi.

''Ada bakal caleg yang berkas pendaftarannya sudah lengkap. Tapi masih banyak juga bakal caleg yang berkasnya tidak lengkap,'' tandas Sudarwanto, anggota KPU Blora yang membidangi pendaftaran bakal caleg. 

KPU Blora, Rabu (8/5), telah menyerahkan hasil verifikasi administrasi pendaftaran tersebut ke parpol masing-masing. Dalam kesempatan penyampaian hasil verifikasi tersebut Sudarwanto dihadapan pengurus parpol yang hadir  merinci satu persatu persyaratan apa saja yang harus dilengkapi.

''Perbaikan berkas hanya diberikan sekali. Karena itu kami menjelaskan kembali persyaratan apa saja yang harus dipenuhi. Kolom-kolom  dalam berkas pendaftaran juga harus diisi dengan benar, jangan sampai terlewatkan. Misalnya jenis kelamin. Dalam verifikasi kami banyak menemukan kolom pilihan itu tidak dicoret. Padahal sudah tersedia pilihan laki-laki atau perempuan,'' katanya.

Selain diduga banyak bakal caleg yang tidak menggarap sendiri berkas pendaftarannya, ketidaklengkapan berkas dimungkinkan terjadi karena penggarapannya terburu-buru. Sehingga banyak item yang terlewati. ''Kami meminta masa perbaikan berkas yang berlangsung hingga 22 Mei dimanfaatkan sebaik mungkin. Berkas pendaftaran yang TMS segera diperbaiki,'' ujar Ketua KPU Blora, Moesafa. 

 

( Abdul Muiz / CN19 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 3642
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 3942
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 3797
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 4907
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 3629
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
05 September 2014 | 23:15 wib
05 September 2014 | 23:45 wib
05 September 2014 | 23:30 wib
02 September 2014 | 12:53 wib
FOOTER