panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
27 April 2013 | 06:11 wib
Produk UMKM Magelang Harus Mampu Tembus Luar Daerah

MAGELANG, suaramerdeka.com - Produk UMKM Kota Magelang harus mampu menembus luar daerah dan itu berlaku untuk semua bidang usaha. "Kualitas dalam segala hal harus selalu ditingkatkan dan terus dibimbing instansi terkait, sehingga produk yang dihasilkan tidak ketinggalan dibanding daerah lain," kata Wali Kota Ir H Sigit Widyonindito MT.

Permintaan itu diutarakan ketika membuka Magelang Expo Festival Kuliner dan Pameran UMKM, kemarin. Kegiatan yang berlangsung di halaman Kantor Bakorwil II Kedu-Surakarta berlangsung hingga 28 April 2013. Dia menuturkan, produk yang sudah berhasil menembus luar daerah adalah getuk.

"Pukul 06.00 getuk produk Kota Magelang sudah ada di Semarang dan Yogyakarta. Saya berharap handicraft, souvenir, batik dan produk UMKM lainnya bisa pula menembusnya,’’ ungkapnya.

Terkait itu, lanjut Sigit, kualitas produk UMKM berikut pemasarannya menjadi skala prioritas bagi Pemkot Magelang serta mendapat porsi penanganan yang lebih. Magelang Expo yang diselenggarakan Bappeda dan Fedep Kota Magelang diikuti 100 stan, 56 di antaranya kuliner.

Dari jumlah stan kuliner tersebut, sekitar 60 persen di antaranya dari Kota Magelang. "Ini meningkat dibanding Magelang Expo tahun 2012. Tahun depan diharapkan lebih banyak lagi," kata Kepala Bappeda Ir Joko Suparno MPL.

Tujuan diselenggarakan pameran untuk mempromosikan produk-produk unggulan Kota Magelang melalui klaster. Selain itu, menjalin kerjasama antara klaster, perbankan dan dunia usaha. Juga menjalin hubungan yang lebih intensif antara pelaku uaha, pemkot dan berbagai pihak lainnya. "Magelang Expo akan dijadikan kalender tahunan Bappeda dengan Fedep," ujarnya.

Ketua Fedep Kota Magelang Drs Eddy Sutrisno MSi mengatakan, program Pemkot Magelang kepada peningkatan UMKM sangat tinggi.Terbukti kegiatan Magelang Expo diikuti banyak peserta terutama kuliner.

"Keunggulan bidang UMKM bisa mengurangi kemiskinan dan pengangguran. Untuk itu dinas-dinas terkait harus berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas SDM, produk dan pemasarannya," tuturnya.

( Doddy Ardjono / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 26449
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 28152
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 27862
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 31364
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 27090
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER