panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
24 April 2013 | 13:14 wib
MA Hukum Pengusaha tak Taat UMR

 

JAKARTA, suaramerdeka.com - Tjioe Christina Chandra akhirnya dihukum selama satu tahun penjara oleh Mahkamah Agung karena membayar upah buruh di bawah Upah Minimum Regional (UMR). Hukuman ini tentu menjadi peringatan serius untuk para pengusaha lainnya.

"Padahal tentang UMR telah diatur dengan UU, maka perjanjian antara buruh-pengusaha tentang gaji di bawah UMR, dapat dibatalkan dan pihak yang melanggar patut dihukum," ujar Hakim Agung Gayus Lumbuun di Jakarta, Rabu (24/4).

Hukuman tersebut, kata Mahkamah Agung, didasarkan pada pasal 90 ayat 1 UU Ketenagakerjaan. Dari segi filosofis Mahkamah Agung menegaskan pengusaha tidak boleh berdalih karena alasan kepepet dan menggaji buruh dibawah UMR.

Vonis kasasi diadili oleh ketua majelis hakim Zaharuddin Utama dengan anggota majelis Prof Dr Surya Jaya dan Prof Dr Gayus Lumbuun. 

Menurut Gayus, dalam kerangka berpikir, maka secara filosofis, pengusaha tidak boleh menghindari kewajiban sesuai UU yang ada meskipun antara buruh dan pengusaha telah ada kesepakatan.

Alasan pengusaha yang menggaji karyawan dibawah UMR dengan alasan situasi sulit juga ditolak Mahkamah Agung. Hal ini karena pengusaha dilarang memanfaatkan keadaan atau dalam bahasa Belanda disebut misbruik omstandigheden. Pemikiran ini diakui Gayus terinspirasi pemikiran mantan hakim agung Henry Panggabean.

"Dalam kasus ini walaupun pekerja dengan majikan sudah ada surat perjanjiannya tetapi apabila salah satu pihak menyalahgunakan keadaan misbruik omstandigheden maka dapat dibatalkan," papar Gayus.

( Budi Yuwono / CN33 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 15584
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 16521
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 16286
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 18861
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 15754
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER