panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
11 April 2013 | 01:24 wib
Guru PAUD Harus Pintar Mendongeng

PURBALINGGA, suaramerdeka.com – Para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebisa mungkin mahir dalam mendongeng. Karena dengan dongenglah, anak -anak lebih mudah menerima nasehat, ilmu pengetahuan dan berbagai pesan-pesan moral.

"Selain pintar menyanyi, guru PAUD juga harus pintar mendongeng. Mendongeng juga tidak asal mendongeng, harus tahu tekniknya sehingga pesannya mudah diserap dan diingat anak-anak," jelas Kunduri SPd, Kepala TK dari Pekalongan yang menjadi salah satu pembicara dalam Pelatihan Teknik Mendongeng / Bercerita bagi Guru PAUD Formal dan Non Formal di Pendapa Dipokusumo, Rabu (10/4).

Kunduri yang kerap menjuarai lomba mendongeng hingga tingkat nasional, dalam mendongeng guru PAUD harus mampu mempersiapkan para muridnya agar lebih fokus dalam mendnegarkan dongeng yang akan dibawakan. Kepiawaian guru dalam menarik perhatian dan konsentrasi anak memang sangat diuji.

"Pertama kali, ibu sapa anak-anak, dengan bernyanyi dan meminta anak-anak ikut memperagakan. Usahakan anak terlibat dalam persiapan ini, sehingga mereka mulai nyaman dan konsentrasi," jelasnya.

Setelah mempersiapkan perhatian anak, guru sebagai pendongeng harus sudah menentukan sarana apa yang akan digunakan untuk mendongeng. Apakah dengan alat peraga berupa boneka, hewan piaraan yang hidup, gambar berseri atau gambar bercerita.

"Jika memang tidak menggunakan alat peraga, audio visual yang bisa kita tampilkan dengan body language kita sendiri, mulai dari mimik, gerakan badan dan gerakan tangan. Dan jangan lupa gunakan variasi suara dan intonasi suara sesuai karakter tokoh-tokoh dalam dongeng kita," katanya.

( Ryan Rachman / CN39 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
16 April 2014 | 20:55 wib
Dibaca: 27
16 April 2014 | 20:35 wib
Dibaca: 263
16 April 2014 | 20:25 wib
Dibaca: 219
16 April 2014 | 20:15 wib
Dibaca: 272
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
13 April 2014 | 16:56 wib
07 April 2014 | 21:40 wib
02 April 2014 | 00:53 wib
12 April 2014 | 17:55 wib
FOOTER