panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
07 April 2013 | 16:09 wib
Hujan Deras Lima Jam
Jalur Pacitan-Ponorogo Putus Akibat Jembatan Ambrol

PONOROGO, suaramerdeka.com - Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah perbatasan Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Pacitan, Jatim selama 5 jam lebih, jembatan sepanjang 40 meter yang menghubungkan kedua kabupaten itu ambrol. Akibatnya, jalur transportasi kedua daerah itu terputus.

Karena itu, kendaraan roda empat atau lebih dari Ponorogo yang akan ke Pacitan atau sebaliknya tak bisa lewat. Kendaraan harus memutar puluhan kilometer lewat Kabupaten Wonogiri, Jateng.

Untungnya, ambrolnya jembatan sepanjang 40 meter dengan lebar itu tak sampai mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. Saat jembatan ambruk, tak ada kendaraan yang melintas.

Menurut salah satu warga Desa Caluk, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, ambrolnya jembatan itu pada Sabtu (6/4) malam. Sebelumnya diawali adanya hujan deras mengguyur wilayah setempat lebih dari lima jam.

"Hujan sangat deras dan air sungai juga besar serta arusnya sangat kuat. Tiba-tiba sejumlah pondasi jembatan ambrol, mungkin karena tergerus arus air sungai yang sangat deras saat hujan kemarin malam," katanya kepada wartawan, Minggu (7/4).

Akibat paling parah dari ambrolnya jembatan itu di Kecamatan Slahung ini, jalur transportasi Ponorogo-Pacitan PP putus total.

Ada dua jalur alternatif menuju Pacitan dari Ponorogo pascaambruknya jembatan di Slahung itu. Yakni melalui Wonogiri dan Trenggalek.

"Tapi, kalau melalui Trenggalek, jalur jalannya naik-turun gunung dan badan jalannya lebih sempit," kata Danuri, warga Kota Pacitan kepada Suaramerdeka.com via telepon.

Perbaikan jembatan di Slahung itu sangat mendesak dilakukan. Jembatan ini berada di kelas jalan provinsi, sehingga otomatis perawatannya berada di bawah otoritas dan tanggung jawab Dinas Bina Marga Jatim.

"Kita juga segera membangun jembatan darurat agar warga tak perlu memutar kalau ke Pacitan atau dari Pacitan ke Ponorogo. Jembatan ini merupakan akses utama kedua daerah," ujar Wakil Bupati Ponorogo, Yuni Widyaningsih.

( Ainur Rohim / CN33 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 5417
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 6046
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 5842
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 7316
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 5625
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER