panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
04 April 2013 | 21:31 wib
Kurikulum 2013, Kian Resahkan Guru Bahasa Jawa

SEMARANG, suaramerdeka.com - Makin banyaknya isu yang beredar tentang pembelajaran bahasa Jawa, terkait akan diberlakukannya kurikulum 2013 soal bakal dilesapkan ke dalam muatan lokal (Mulok) Seni dan Budaya, membuat para guru bahasa Jawa kian resah.

Saat membuka Seminar 'Basa Jawa ing Kurikulum 2013', Kamis (4/4), Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Sudijono Sastroatmodjo, mengatakan, sebelum ada perubahan dan pengesahan, kebijakan lama tetap dijalankan.

Menurut Sudijono, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan tak ada niatan sedikit pun untuk menghilangkan bahasa daerah. Maka dari itu, Sudijono juga menambahkan, kebutuhan guru bahasa Jawa di Jawa Tengah sangatlah tinggi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Yusro Edy Nugroho menyatakan bersedia mewadahi aspirasi para guru bahasa Jawa.

Yusro mengatakan, lembaga pendidikan tinggi yang telah mencetak sarjana pendidikan merasa punya tanggung jawab moral, tidak hanya meluluskan dan membekali mahasiswa, tetapi juga mengawal peraturan dan selalu memberi masukan kepada para pemangku kepentingan.

Dalam materinya, dosen dan peneliti bahasa Jawa dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Suwarna, meneguhkan betapa bahasa Jawa adalah sarana paling efisien untuk mengajarkan pembelajaran karakter.

Sedangkan dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa FBS Unnes Teguh Supriyanto menyatakan pentingnya pembelajaran yang aplikatif.

( Eko Wahyu Budiyanto / CN37 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
27 Agustus 2014 | 21:59 wib
Dibaca: 15
27 Agustus 2014 | 21:47 wib
Dibaca: 101
27 Agustus 2014 | 21:36 wib
Dibaca: 266
27 Agustus 2014 | 21:25 wib
Dibaca: 233
27 Agustus 2014 | 21:15 wib
Dibaca: 277
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER