panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
04 April 2013 | 06:31 wib
Kelompok Peminatan Mulai Kelas I SMA

JAKARTA, suaramerdeka.com  - Dalam kurikulum 2013, jenjang SMA tidak lagi menggunakan metode penjurusan, melainkan kelompok peminatan. Kelompok peminatan tersebut akan mulai diterapkan sejak kelas I SMA. "Peminatan di SMA mulai kelas I," ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud), Khairil Anwar Notodiputro, di Jakarta.

Dalam kurikulum baru terdapat tiga kelompok peminatan yang harus dipilih oleh semua siswa pada jenjang pendidikan menengah, yakni, kelompok Sains dan Matematika, Sosial dan Ekonomi, serta Sastra dan Budaya.

Pihaknya menyadari, kebijakan tersebut merupakan kebijakan baru. Oleh karena itu, pada semester pertama, siswa masih memiliki kesempatan untuk pindah kelompok peminatan. Seadainya, kelompok yang dipilih oleh siswa dirasa tidak sesuai dengan bakat dan kemampuannya.

"Nanti ada aturan bahwa anak boleh pindah kelompok peminatan setelah beberapa minggu dia belajar. Kemudian, dia akhir semester pertama anak juga masih bisa pindah kelompok peminatan," kata Khairil.

Lebih lanjut dia menyadari, untuk mensukseskan kebijakan tersebut maka perlu peran yang lebih dari guru-guru pada jenjang SMP, khususnya guru bimbingan konseling (BK). dengan demikian, dapat memberikan arahan kepada para siswa yang akan melanjutkan ke jenjang SMA. "Guru BK akan menjadi lebih penting perannya," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Pembinaan SMP, Kemdikbud, Didik Suhardi mengatakan, pada dasarnya kelompok peminatan yang akan dilaksanakan pada jenjang SMA telah diajarkan pada jenjang SMP. "Kalau di SMP kan sudah ada IPA, IPS, dan Bahasa. Tapi kalau di SMA nantinya akan lebih fokus. Saya rasa tidak akan ada masalah, karena semua ilmu dasarnya sudah diajarkan di SMP," ungkapnya.

Dirinya berharap guru BK dan wali kelas di SMP dapat memberikan bimbingan dan pembinaan kepada para siswa. Dengan demikian dapat diminimalisir kesalahan anak dalam mengambil kelompok peminatan. "Program BK ini yang harus ditingkatkan perannya. Karena pendidikan kami ke depan, anak sudah bisa diarahkan sejak dini, sesuai dengan minat dan bakatnya," ujarnya.

Meski demikian, arahan dan pembinaan yang diberikan guru BK dan wali kelas kepada siswa tidak bersifat baku. Artinya hanya sekedar rekomendasi bagi siswa, sesuai dengan proses pengamatan dan proses para guru selama tiga tahun siswa tersebut bersekolah di SMP.

( Satrio Wicaksono / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
18 April 2014 | 07:00 wib
Dibaca: 261
18 April 2014 | 06:40 wib
Dibaca: 246
18 April 2014 | 06:30 wib
Dibaca: 284
18 April 2014 | 06:20 wib
Dibaca: 318
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
13 April 2014 | 16:56 wib
07 April 2014 | 21:40 wib
12 April 2014 | 17:55 wib
02 April 2014 | 00:53 wib
FOOTER