panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
02 April 2013 | 06:25 wib
Kampanye Hitam pada Ganjar Dilakukan Lawan Politik

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pengamat Politik Universitas Wahid Hasyim Semarang Joko Prihatmoko mengatakan, isu soal Ganjar Pranowo yang diberitakan nonmuslim ini dilempar oleh lawan politik dengan harapan elektabilitas cagub dari PDIP itu akan turun.

Meski demikian, menurutnya isu agama di Jawa Tengah tidak banyak berpengaruh. Sebab warga di provinsi ini sudah sanggup menerima perbedaan, atau multikulturalisme. "Jateng itu proses integrasinya hampir paripurna, sudah bisa menerima perbedaan, masyarakatnya multikultural," katanya, Senin (1/4).

Seperti diketahui, Ganjar yang naik haji pada 2012 lalu itu diserang isu sebagai orang yang beragama nonmuslim. Isu itu tersebar di sebagian wilayah pantura dan
Jateng bagian tengah. Setelahnya, Ganjar juga dituding oleh pendukung Rustriningsih, Thamrin Mahatmanto, telah melakukan kebohongan publik. Namun Ganjar menyatakan tidak akan membalas serangan itu dan justru meminta pendukungnya berkampanye secara santun.

Joko menyarankan, serangan negatif itu harus dibalas tapi bukan kepada calon lain. Pihak yang diserang selayaknya mengimbangi dengan mengeluarkan wacana yang bisa mengedukasi publik. "Kampanye harus menjadi dialog antarpendukung," ujarnya.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng Abhan Misbah meminta para bakal calon gubernur untuk berpolitik secara santun dan elegan serta tidak melakukan kampanye hitam. Seseorang yang melakukan cara-cara kotor dalam kampanye bisa dipidanakan sesuai Peraturan KPU No 14 tahun 2010, Undang-Undang 32 Tahun 2004, dan Peraturan Pemerintah No 6 tahun 2005. "Penyebar black campaign bisa dipidanakan," tandasnya.

( Anton Sudibyo / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
24 April 2014 | 09:06 wib
Dibaca: 70
24 April 2014 | 08:57 wib
Dibaca: 168
24 April 2014 | 08:48 wib
Dibaca: 203
24 April 2014 | 08:39 wib
Dibaca: 220
24 April 2014 | 08:30 wib
Dibaca: 347
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER