panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
01 April 2013 | 05:25 wib
Antisipasi Kebakaran Masih Minim Dukungan

KUDUS, suaramerdeka.com - Sistem penanganan kebakaran di Kota Keretek dinilai masih butuh pembenahan karena dianggap miskin dukungan. Selain sarana dan prasarana, dukungan dapat dilakukan dalam bentuk kebijakan dan pemberian ketrampilan dasar pemadaman. Hal itu terkait serangkaian kebakaran yang terjadi di sejumlah tempat termasuk pusat pemerintahan publik, baru-baru ini.

Fire Chief Damkar PT Djarum Hardi Cahyana, mengemukakan, ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan dalam mengantisipasi potensi kebakaran khususnya di pusat publik. ''Salah satunya membuat standar operasional penanganan kebakaran di gedung bertingkat,'' katanya

Di dalamnya, termasuk penyediaan alat-alat pemadam kebakaran yang disiapkan di tempat seperti itu. Tidak kalah pentingnya, perlunya komitmen untuk mengecek peralatan pemadam secara berkala. ''Tujuannya, saat diperlukan peralatan siap digunakan,'' ungkapnya.

Langkah lainnya, yakni membentuk tim yang secara khusus memantau dan mengatasi bencana kebakaran. Serta, yang terakhir pemberian pelatihan serta simulasi kepada publik untuk dapat menyikapi saat terjadi kebakaran. ''Pemahaman seperti itu sangat penting agar mereka dapat dengan tepat bereaksi saat terjadi kebakaran,'' jelasnya.

Berdasarkan analisanya, serangkaian kasus kebakaran yang terjadi sebelumnya disebabkan karena kombinasi berberapa faktor. Selain kemarau panjang dan pengetahuan publik soal kebakaran yang terbatas, musibah ditengarai juga disebabkan kecerobohan warga sendiri.

Kondisi tersebut diperparah dengan kecerobohan warga yang tidak berhati-hati dalam menjaga penyebab api. Membuang puntung rokok sembarangan atau lalai menjaga api di dapur menjadi salah satu hal yang menjadi catatan petugas. Tidak hanya itu, kesadaran untuk menggunakan sarana kelistrikan yang sesuai prosedur juga menjadi salah satu penyebabnya. ''Hal-hal seperti itu menjadi penyebab kebakaran seperti yang kami tangani,'' imbuhnya.

Meskipun begitu, pihaknya juga menilai pengetahuan publik untuk mendeteksi, mengantisipasi dan menangani kebakaran juga masih perlu ditingkatkan. Bila sudah menyangkut hal tersebut, tentunya peran pihak terkait diperlukan. ''Pengetahuan akan dapat diperoleh bila ada pihak yang memberi pencerahan atau membagi ilmunya,'' ujarnya.

( Anton WH / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 36050
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 37263
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 37737
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 41913
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 36910
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER