panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
25 Maret 2013 | 06:55 wib
Jateng Gencarkan Produk Unggulan Daerah

SOLO, suaramerdeka.com - Dinas Koperasi dan UKM Jateng gencar memperkenalkan produk unggulan di berbagai daerah di Jateng. Itu dilakukan terkait program one village one product yang digalakkan pemerintah. "Di tiap kabupaten/kota di Jateng ini paling tidak harus punya produk unggulan yang bisa dijual," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng Sujarwanto Dwiatmoko.

Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi Jateng bersama bersama Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan dan Gubernur Bibit Waluyo menghadiri peluncuran dan pameran produk unggulan dalam program one village one product di Sragen.

Berbagai produk unggulan dipamerkan dalam pameran itu, seperti batik tulis dari Solo, lurik dan sarung goyor dari Sragen dan Pemalang, tenun troso dari Japara, dan berbagai produk kerajinan lainnya.

Menteri Syarifuddin mengatakan, program one village one product atau satu desa satu produk adalah upaya pemerintah untuk meningkatkan nilai tambah produk unggulan daerah. Program itu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam wadah koperasi atau UKM. Tujuannya untuk mengembangkan produk/komoditas unggulan daerah yang punya potensi pemasaran lokal, nasional, maupun internasional.

Di samping itu juga bertujuan meningkatkan kualitas dan nilai tambah produk agar mampu bersaing dengan produk impor sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat. "Produk unggulan harus sesuai kebutuhan konsumen dan memiliki nilai tambah. Perajin jangan membuat produk yang hanya bisa dijual tanpa memperhatikan kualitas, nilai tambah, dan keunggulan lainnya," katanya.

Sujarwanto melanjutkan, di Jateng setidaknya terdapat 70 produk unggulan dari berbagai kabupaten/kota. Produknya antara lain, batik, tenun, lurik, kerajinan dari berbagai bahan baku, produk pertanian, dan kuliner.

Dalam program one village one product, Dinas Koperasi dan UKM Jateng memberi pinjaman modal bagi para pelaku usaha, selain membuka akses pemasaran ke luar, memfasilitasi pameran, serta memberi pelatihan.

( Langgeng Widodo / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 35059
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 36302
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 36668
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 40778
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 35853
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER