panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
24 Maret 2013 | 14:57 wib
Serangan terhadap Lapas Bentuk Kejahatan Aparat


JAKARTA, suaramerdeka.com
- Penyerangan terhadap Lembaga Pemasyarakatan Cebongan Sleman Yogyakarta, dinilai sebagai kejahatan oleh aparat negara. Setidaknya, ada empat hal yang dilanggar dalam kejadian tersebut.

"Yang pertama adalah penghilangan nyawa orang dengan berencana. Berikutnya adalah dilakukan dengan cara menerobos hak orang, yang sebenarnya sudah diamankan oleh hukum," kata kriminolog Universitas Indonesia Adrianus Meliala, Minggu (24/3).

Pembunuhan itu dinilainya sangat tidak menghargai proses hukum yang sedang berjalan.

Selanjutnya, ada perusakan terhadap instalasi publik yang juga merupakan inventaris negara. Hal itu terlihat dengan dirusaknya CCTV dan rusaknya sebagian ruangan lapas akibat terjangan peluru.

"Adapun yang keempat, perusakan dan pembunuhan itu dilakukan oleh aparat negara dan menggunakan inventaris negara. Yaitu senjata laras panjang, pistol dan granat, yang merupakan milik negara," ujarnya.

Menurutnya, peristiwa tersebut sebenarnya sangat terang benderang dan mengandung banyak kejahatan. Sehingga sangat ironis bila kejahatan tersebut nantinya tidak tersentuh oleh hukum.

"Kita akan melihat, apakah TNI akan legawa menyerahkan pelakunya. Selama ini, tindakan semacam itu dilindungi. Ini akibat yang bersangkutan diberikan sistem hukum yang khusus," sesalnya.

Padahal, bila seorang anggota TNI melakukan tindakan kriminal, yang bersangkutan tidak sedang menjalankan tugas militer. Sehingga sudah sepantasnya yang bersangkutan dikenai pidana umum.

"Lain halnya bila yang bersangkutan melakukan pelanggaran saat melaksanakan tugas negara. Yang bersangkutan bisa dikenakan pidana militer. Namun, yang terjadi sebaliknya," ucap Adrianus.

Hal-hal semacam itu membuat tindak lanjut terhadap kasus-kasus yang terjadi, tidak pernah tuntas. Hal itu juga membuat tidak adanya efek jera bagi para pelakunya.

( Saktia Andri Susilo / CN33 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 12592
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 13331
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 13113
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 15474
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 12687
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER