panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
12 Maret 2013 | 01:10 wib
Nama-nama Ini Disebut Jadi Calon Ketua Umum Partai Demokrat


JAKARTA, suaramerdeka.com -
Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Max Sopacua, mengungkapkan Kongres Luar Biasa (KLB) untuk memilih Ketua Umum Baru pengganti Anas Urbaningrum akan diselenggarakan akhir Maret 2013. Sebelum KLB, Demokrat terlebih dulu menyusun daftar calon legislator untuk Pemilu 2014.

Minggu (10/3), Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Jero Wacik mengaku telah diminta SBY untuk mempersiapkan kongres luar biasa (KLB). Dibanding menunjuk pelaksana tugas Ketua Umum, KLB dinilai lebih cocok menurut AD/RT partai. Wacik sendiri memberi sinyal kongres akan digelar di Bali. Namun, untuk tempat Kongres, belum diketahui karena masih dipersiapkan oleh Sekretaris Majelis Tinggi, Jero Wacik.

Menurut Max, KLB ini perlu dilakukan karena penetapan Ketua Umum harus sesuai dengan anggaran dasar anggaran rumah tangga partai. "Karena memang harus KLB untuk menentukan ketua umumnya. Aturan AD/ART kan begitu, untuk mencari ketua umum ya KLB," ujar dia, Senin (11/3).

Menurut Max, kemungkinan besar Marzuki Alie akan maju sebab pada Kongres tahun 2010 lalu, Marzuki Alie memiliki pemilih paling banyak nomor dua setelah Anas Urbaningrum.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Saan Mustofa, mengatakan partainya punya banyak kandidat untuk dicalonkan sebagai Ketua Umum Demokrat. Jika dari internal, "Misalnya Mirwan Amir, Mawardy Nurdin, Marzuki Alie, Toto Riyanto, dan Ibas," kata Saan di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (11/3).

Mirwan Amir saat ini menjabat sebagai Wakil Bendahara Umum Partai Demokrat, Mawardy Nurdin adalah Ketua Dewan Pimpinan Daerah Demokrat Aceh, Marzuki Alie menjabat anggota Dewan Pembina Demokrat, Toto Riyanto merupakan Direktur Eksekutif Partai Demokrat, dan Ibas Yudhoyono adalah Sekretaris Jenderal Partai Demokrat.

Tak hanya itu, kata Saan, Demokrat juga masih punya calon internal lainnya, yaitu mantan Ketua Umum Demokrat Hadi Utomo dan anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Soekarwo.

Bila itu dirasa kurang, Saan mengatakan Demokrat juga bisa mengajukan calon eksternal yang mumpuni, misalnya Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo dan Menkopolhukam Djoko Suyanto. "Partai Demokrat tidak mengenal istilah dikotomi calon internal dan eksternal," kata Saan.

Selain Pramono Edhie, nama dari luar yang muncul juga adalah Gita Wirjawan yang kini Menteri Perdagangan. "Mereka orang muda dan bersih. Mereka juga cukup concern pada masalah kebangsaan. Saya condong ke mereka karena Demokrat saat ini membutuhkan pemimpin yang diharapkan rakyat, yaitu yang berintegritas, bersih, tegas, sederhana, dan bisa berkomunikasi dengan rakyat jelata," kata politikus Demokrat Ramadhan Pohan di gedung DPR RI, Jakarta, Senin (11/3).

( vvn / CN32 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 5491
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 6141
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 5935
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 7423
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 5707
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER