panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
07 Maret 2013 | 13:43 wib
KPK Panggil Inspektur Kemendikbud

JAKARTA, suaramerdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil pegawai negeri sipil pada Kementerian Pendidikan Nasional (saat ini bernama Kemendikbud) dalam penyidikan kasus dugaan korupsi di Inspektorat Jenderal (Itjen) tahun 2010.

Hari ini (7/3) KPK memanggil Inspektur Itjen Kemendikbud Suharyanto dan Pensiunan PNS Kemendinas Jauhari Sembiring. "Mereka dipanggil sebagai saksi," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha, Kamis (7/3).

Dalam kasus ini, KPK juga pernah memanggil auditor Itjen Kemendiknas yakni Sunarto, Rabbiyatul Addawiyah, Ambo Sakka, AAS Sakimin, Nyoman G Sugiawan, Hermasyah Usman, Urip Widodo, Budi Pranowo, Nasikhin, Maria Magdalena, Saptoadji, Sri Wahyuni, dan Imam Aimam Yunarto.

KPK juga pernah memanggil auditor Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Tommy Triyono, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Keuangan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) Margiyati, Inspektur Investigasi Slamet Purnomo, dan Kepala Bagian Umum Sam Yhon juga pernah dipanggil dalam kasus ini.

Sebelumnya, KPK memanggil sejumlah pegawai di antaranya Sjech Senemak, Amin Priatna, Jauhari Sembiring, Dewi Nilasari, Samat, Suradi, Bejo Subekti, Agus Rahman, Duma Marta Seriulina, Sularto, Edy Harsono, Panca Windu Handoko, Julian Andarsa, Paimin, Zuriati, Yusron Nurrahim, Waluyo. Kemudian Erwan Agustin, Bruno Wicaksono, Sunarso, Awan Syarif, Ashat Tambero, Patmo, Asep Suparman, Herman Anas, dan Suharyanto.  Selain itu, KPK juga memanggil satu orang pensiuanan Kemendiknas Marhusa Panjaitan.

Mereka dipanggil untuk diperiksa untuk tersangka mantan Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendiknas, M Sofyan. Sofyan selaku Irjen Kemendiknas pada tahun 2009 diduga melawan hukum dan menyalahgunakan wewenangnya dalam pengelolaan anggaran.

Modus korupsinya, dengan melakukan pengeluaran atas beban anggaran belanja untuk tujuan lain dari yang ditetapkan dalam anggaran belanja negara antara lain anggaran perjalanan dinas. Kasus korupsi di Kemendiknas ini diduga merugikan keuangan negara sebanyak Rp 13 miliar. Dalam rangka pengembangan penyidikan, KPK juga pernah melakukan penggeledahan di kantor Kemendiknas.

( Mahendra Bungalan / CN31 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 15027
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 15892
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 15662
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 18188
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 15150
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER