panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
20 Februari 2013 | 14:30 wib
SMA 1 Temon Dibobol Pencuri, Kerugian Rp 50 Juta

 

KULONPROGO, suaramerdeka.com - Aksi pencurian dengan sasaran sekolah kembali terjadi. SMA 1 Temon, Kulonprogo, dibobol maling, Rabu (20) dinihari. Pelaku berhasil menggondol 5 unit komputer dan 6 LCD projector, mengakibatkan kerugian sekitar Rp 50 juta.

Terjadinya pencurian itu kali pertama diketahui oleh penjaga malam sekolah, Dwi Sukoyo (37), saat membersihkan lingkungan sekolah pukul 05.00. Setelah menyapu dia hendak membuang sampah di bagian belakang sekolah dan melihat ada salah satu jendela ruang kelas yang jebol dicongkel dari luar.

"Habis nyapu saya mau buang sampah, kok ada kursi di samping gedung ruang kelas yang tidak biasa di situ. Kemudian saya melihat jendela ruang kelas sudah jebol, mungkin dicongkel dari luar. Kursi itu mungkin untuk memanjat," ungkapnya.

Pencuri yang diduga lebih dari dua orang diperkirakan melakukan aksinya pada dini hari. Saat itu dua penjaga sekolah yakni Dwi Sukoyo dan Slamet Raharjo sedang tidur di bagian depan sekolah. "Kami tidur di bagian depan sekolah, sama sekali tidak mendengar ada suara-suara mencurigakan," ungkap Dwi.

Kejadian itu langsung dilaporkan Dwi kepada kepala sekolah melalui telepon yang kemudian diteruskan ke Polsek Temon dan Polres Kulonprogo. Petugas polisi yang datang ke lokasi langsung melakukan pengecekan dan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Ternyata pencuri membobol lima ruang kelas, ruang perpustakaan, dan ruang laboratorium komputer. Barang yang hilang berupa enam LCD projector di masing-masing ruang kelas dan lab komputer, serta lima unit komputer (CPU dan monitor) di ruang perpustakaan. Kerugian ditaksir mencapai sekitar Rp 50 juta.

"Ditemukan ada dua tangga, satu di dalam dan satu di luar tembok beteng bagian belakang sekolah. Yang di dalm milik skolah biasa dipakai tukang yang sedang membuat tempat wudlu mushola, kalau yang di luar tidak tahu dari mana," Kepala Sekolah, Slamet Riyadi.

Kanit Reskrim Polsek Temon, Ipda Paijo mengatakan, berdasarkan hasil olah TKP, pelaku diduga lebih dari dua orang yang masuk ke lingkungan sekolah dengan memanjat tembok beteng bagian belakang menggunakan tangga. Kemudian mereka masuk ke ruangan dengan merusak jendela dengan alat linggis atau pengait seperti martil tang bisa digunakan untuk mencongkel.

"Kami masih mengembangkan penyelidikan untuk mengungkap dan mengejar pelaku," katanya. Pihaknya juga meminta pihak sekolah meningkatkan pengamanan dengan kegiatan patroli penjaga malam saat malam hari.

Pencurian di SMA 1 Temon tersebut merupakan yang ketiga kalinya. Kejadian pertama sepuluh tahun lalu, pencuri menggondol organ, sedangkan yang kedua enam tahun lalu pencuri membawa kabur satu unit komputer dan kamera.

Sebelumnya, pada Desember 2012 lalu juga terjadi pencurian di SMA 1 Lendah. Pencuri menggondol 18 CPU, 15 monitor, dan 4 proyektor, dengan kerugian sekitar Rp 100 juta.

 

( Panuju Triangga / CN19 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
25 Juli 2014 | 05:55 wib
Dibaca: 67
25 Juli 2014 | 05:43 wib
Dibaca: 86
25 Juli 2014 | 05:28 wib
Dibaca: 175
25 Juli 2014 | 05:10 wib
Dibaca: 186
25 Juli 2014 | 04:54 wib
Dibaca: 220
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER